Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fenomena Cermin di dalam Gua Batu Cermin


Gua Batu cermin, namanya saja sudah unik. Mendengar nama batu ini pasti langsung membayangkan sebuah cermin. Di dalam benak pembaca bertanya-tanya batu itu bisa memantulkan objek. Batu itu bisa memantulkan wajah pengunjung yang bersolek disitu.

Baiklah, Gua Batu Cermin adalah salah satu yang menarik di Labuan Bajo, Kabupaten Manggrai Barat, NTT. Batu ini sudah terkenal sampai seantero dunia. Turis dari berbagai manca negara telah keluar masuk mengunjungi batu yang unik ini.

Pengunjung dapat dengan mudah menuju ke batu cermin ini. Letaknya tidak jauh dari Kota Labuan bajo. Dapat dicapai sepuluh menit dari bandara Komodo Labuan Bajo.




Untuk menuju ke tempat ini dapat menggunakan nagkutan umum, jasa ojek atau mobil rental. Dari jalan umum pengunjung berjalan kaki ke lokasi gua sepanjang 400 meter. Pengunjung melewati Jalan stapak yang pinggirnya dihiasi oleh rumpunan bambu. Tidak menguras energy yang banyak untuk mencapai bibir gua ini.

Pemandu akan mengarahkan pengunjung sebelum akhirnya menikmati pesona gua ini. Untuk menjaga keselamatan pengunjung pemandu akan memberi helem dan senter. Dari mulut gua pengunjung akan berjuang sedikit dengan berjongkok dan memunduk kedalam gua sepanjang 25 meter.

Di dalam gua lebih luas dengan permukaan yang dipenuhi oleh stalagtit dan stalagmit yang berkilau memanjakan mata. Stalagmit dan stalagtit itu mengandung garam yang bisa saja menebal setiap saat.




Berbagai macam binatang menghuni tempat ini termasuk serangga dan jenis kelelawar. Menariknya di dalam gua ini terdapat berbagai macam jenis fosil laut. Kehadiran fosil laut menunjukan bahwa gua ini pernah berada di bawa permukaan laut.

Mengenai nama batu cermin itu sebenarnya bukan karena ada cermin di dalamnya. Sematan nama ini sebenarnya berdasarkan fenomena cahaya yang masuk ke gua ini. Pada bagian atas gua di sekitar celah itu, ada lubang berdiameter sekitar 2 meter yang menjadi lubang masuk sinar matahari. Celah sempit itu menjadi semacam cermin yang memantulkan cahaya.


Jadi tidak ada cermin di dalam Gua Batu Cermin yang fenomenal ini!



Post a Comment for "Fenomena Cermin di dalam Gua Batu Cermin"