Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

"Oto Colt" Angkutan Pedesaan ala-ala NTT


TRANSPORTASI sangat penting untuk menjangkau suatu daerah. Transportasi bahkan salah satu faktor penentu maju atau tidaknya suatu daerah. Ini pula yang menentukan pilihan orang dari luar daerah dalam mengunjungi atau berbisnis di suatu daerah.

Di Nusa Tenggara Timur (NTT) terdapat salah satu alat transportasi fenomenal. Transportasi model ini sangat sesuai dengan keadaan atau topografi NTT begitu kasar. warga lokal menyebutnya "Oto Colt".

Bus Kayu yang multi fungsi ini sangat familiar di mata rakyat NTT. Melalui "Oto Colt" warga bisa mengakses ke Kota atau daerah lain. Bus Kayu jenis ini bisa mengangkut apa saja selain saja mengangkut penumpang juga berbagai barang dan alat.

Barang-barang tersebut beberapa diantaranya komoditi seperti Jagung, padi, kopi, kemiri atau hasil kebun lainnya. selain itu "Oto Colt" juga memuat materi-materi seperti bahan bangunan mulai dari pasir, beton hingga papan dan balok.

Menariknya Oto Colt juga memuat beberapa binatang yang membuat perjalanan semakin seru. Di dalamnya sering juga membawa babi, ayam, kambing hingga sapi. Lebih-lebih saat mau mengikuti pesta adat. Binatang-binatang tersebut sahut menyahut di dalam "Oto Colt". Itu hanya ada di NTT.

Otto Colt juga sering dipakai untuk berwisata. Bisanya di depan mobil akan ditulis "ROMBONGAN". Ada yang bilang tulisan ini menjadi senjata ampuh untuk menghindari razia polisi.

Piknik di NTT memang seperti itu, tidak seperti di daerah lain di Indonesia yang pakai Bis Pariwisata yang ber-AC. Kalau di NTT AC nya alami kesegaran bersumber pada pohon-pohon di pinggir jalan.

"Oto Colt ini dirancang dengan bak terbuat dari kayu. Jendela terbuka atau tidak ada penutup seperti kaca. Udara sebebasnya masuk ke dalam mobil. 

"Oto Colt" menjadi alat transportasi yang paling dicintai rakyat NTT. Kalau ke NTT jangan lupa naik "Oto Colt".

Post a Comment for ""Oto Colt" Angkutan Pedesaan ala-ala NTT"