Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Pulau Kera, Kupang

Google


DUNIA mengenal Indonesia sebagai negara kepulauan. Hal itu dikarenakan keadaan geografis Indonesia yang memiliki ribuan pulau yang berjejer dari Sabang sampai Merauke. Dari ribuan pulau tersebut , salah satunya adala Pulau Kera.

Pulau ini  berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Luas pulau ini kurang lebih 43 Km. Tampak bentuk pulau seperti pick gitar dan bagian pesisir terdapat pasir putih yang begitu indah.

Pulau ini sangat bersih dan jernih. Dari segi namanya tidak berarti di pulau ini monyet berkeliaran. Nama pulau Kera diceritakan dalam versi yang berbeda.

Ada yang menyebutkan  nama Kera berasal dari kata Kerang. Penamaan tersebut menggambarkan kondisi pulau tersebut dimana tampak bersih dan jernih sehingga kerang-kerang dapat dilihat dengan mudah.  Dalam kisah tersebut tampak hurug Ng dari kata kerang hilang sehingga disebut Kera.
Google

Sedangkan kisah yang lain mengungkapkan nama Kera bermula dari sebuah legenda. Alkisah, seorang raja dari Pulau Solor bersama pengawalnya mendatangi pulau tersebut.  Saat iu pulau tersebut belumlah bernama.

Saat mendekati tempat tersebut, rombongan kehabisan air. Sang raja kemudian memerintahkan untuk mencari air. Beruntung ada sumur di pulau tersebut.

Saat pengawal menimba air, tiba-tiba tali timbah putus dan Ember yang dipakai jatuh. San pengawal berteriak, “Takera ....Takera.... Takera...”. teriakan inilah yang kemudian menjadi nama tempat ini hingga kini.

Post a Comment for "Keindahan Pulau Kera, Kupang"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat