Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Deretan Artis yang Mengenakan Kain Tenun Manggarai

Instagram Nazwashihab

Eastjourney - Kain tenun Manggarai (Songke/towe) kini tidak hanya dikenakan oleh warga lokal. Karya seni yang berasal dari Flores barat ini juga dikenal baik nasional maupun internasional.

Kain tenun yang dihiasi oleh bunga dan berbagai simbol alam sering dikenakan  saat acara-acara adat.  Saat beberapa acara adat yang Antara lain saat kenduri (penti), membuka ladang (randang), hingga saat musyawarah (Nempung).

Kaum laki-laki biasa mengenakan (tengge)  Songke lalu mengombinasikannya dengan destar atau ikat kepala atau peci khas Manggarai. Sementara para perempuan mengenakan dengan cara yang sama dengan atasan kebaya.

Beberapa Artis tidak mau ketinggalan dengan keindahan maha karya leluhur yang diwariskan turun temurun. Deretan artis tersebut yang mengenakan songke ini tampak anggun.

1.Maria Hostiana Napitupulu

Maria Hostiana Napitupulu merupakan utusan Nusa Tenggara Timur (NTT) 2019 dalam ajang Putri Indonesia beberapa bulan yang lalu. Wanita kelahiran Kefa, Timor Tengah Utara (TTU) mengaku bahwa dirinya sangat mencintai budaya NTT. Ia bahkan berkomitmen untuk mempromosikan budaya dan Pariwisata NTT. Dalam suatu sesi pemotretan tampak dirinya mengenakan sebuah kostum bermotif tenun Manggarai yang dirancang oleh salah satu perancang busana ternama. Ia tampak anggun saat mengenakan kostum songket Manggarai tersebut dengan tulisan Putri Indonesia NTT 2019 menyilang di dadanya.

Sumber: Batlax.com


2. Maudy Ayunda 
Penyanyi dan Pemain film Maudy Ayunda baru-baru saja berlibur di Labuan Bajo. Di atas sebuah kapal dekat Pulau Rinca ia mengenakan kain tenun daerah Manggarai tempat ia jejaki kini. Foto setengah badan itu tampak alumni Universitas Oxford memalingkan wajahnya menghisap perhatian warganet.
Sumber: Yuris Dewandaru

3. Najwa Shihab 

Putri kedua Quraish Shihab, Menteri Agama era Kabinet Pembangunan VII, Najwa Sihab yang akrab dipanggil Nana adalah mantan pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV. Ia pernah menjadi anchor program berita prime time Metro Hari Ini, Suara Anda dan program bincang-bincang Mata Najwa. Wanita kelahiran Makassar, 16 September 1977 dengan sorotan matanya yang tajam mengenakan busana yang bermotif tenun songket Manggarai. Nana Bahkan memiliki koleksi tenun dari berbagai daerah di Indonesia.

Sumber: Intagram Nazwashihab

4. Saikoji, dkk

Dalam Grand Final Result and Reunion Show Indonesian Idol tahun lalu dimeriahkan oleh bintang tamu penyanyi papan atas indonesia yakni Mona Larisa dan Joan, yang berkolaborasi dengan dengan Saikoji. Tampak keempat penyanyi itu mengenakan kain tenun daerah Manggarai. Penampilan keempat penyanyi ini sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan tenun adat Manggarai.

Sumber: rakyat.timur

5. Rossa

Penyanyi Sri Rossa Roslaina Handiyani atau sering dipanggil Rossa ini tidak ketinggalan dalam mempromosikan tenun Manggarai. Dalam sebuah sebuah sesi foto ia tampak mengenakan busana berbentuk long dress yang bermotif tenun Manggara.  Wanita kelahiran Sumedang, 9 Oktober 1978 dalam sesi potret itu sedang bercermin dengan tatapannya mempesona.

sumber: stapico.com

Post a Comment for "Ini Deretan Artis yang Mengenakan Kain Tenun Manggarai"