Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengintip Piramida Tertua Dunia yang Ada di Indonesia




Eastjourney. Piramida selalu diidentikkan dengan Mesir. Bagaimana tidak negeri Firaun ini memiliki Piramida yang tidak terhitung. Sebagian Piramida tersembunyi oleh tumpukan tanah atau di bawa bangunan modern kini. Para arkeolog berusaha keras menggali untuk menemukan kembali piramid-piramid yang ada di masa silam.

Tidak hanya urusan para arkeolog, banyak juga sutradara yang kecantol dengan Piramida. Salah satunya Film yang berjudul The Pyramid yang mengisahkan seorang arkeolog yang bernama Holden, putrinya Nora, Ahli robot bernama Zahir, Pembuat Video bernama Sunni dan juru kamera bernama Fitzie yang berusaha menguak piramida di bawah padang Mesir. 

Menyoal Piramid, ternyata bangunan ini tidak hanya berada di Mesir, sebuah temuan baru-baru ini juga mengatakan struktur bangungan piramid tertua ini berada di Indonesia. Saat pertama kali ditemukan pada awal abad 20 di Jawa Barat. Dalam temuan tersebut, terdapat sebuah kawasan yang luas sisa-sisa kompleks yang penuh batu dan beberapa monumen yang ditemukan oleh kolonialis Belanda. 

Saat ditemukan pertama kali mereka menggap tempat ini sebagai keajaiban alam. Meski demikian mereka belum melakukan penelitian yang lebih jauh. Kawasan ini dikenal sebagai gunung padang dan dikenal sebagai situs egalitik terbesar di seluruh Asia Tenggara.



Pada pertemuan American Geophysical Union 2018 silam peneliti Indonesia mempresentasikan sebuah studi terkait situs ini dan menyatakan bahwa Gunung Padang merupakan struktur piramida tertua di dunia.

Sebagaimana dilansir National Geography mengungkapkan bahwa Gunung tersebut ternyata serangkaian struktur kuno dengan fondasi berasal dari sekitar 10 ribu tahun lalu. Bahkan diprediksikan lebih tua dari itu.

"Studi kami membuktikan bahwa strukturnya tidak hanya menutupi lapisan atas, tapi juga membungkus lereng sekitar 15 hektar. Dengan kata lain, strukturnya tidak dangkal dan berakar lebih dalam," kata peneliti.

Penelitian ini diselenggarakan menggunakan kombinasi dari beberapa metode survei seperti radar penetrasi tanah (GPR), tomografi seismik, dan juga penggalian arkeologi, tim peneliti sampai pada penemuan di Gunung Padang tidak memerlukan pengembangan aplikasi yang dikembangkan pada periode sebelumnya.

Diperkirakan memiliki empat lapisan, bagian terluar paling banyak terdiri dari kolom-kolom batu, dinding, jalan, dan ruang-ruang. Sementara itu, lapisan kedua terletak sekitar 1-3 meter di bawah permukaan bagian atas. Menurut peneliti, lapisan kedua ini sebelumnya telah disalahartikan sebagai formasi batuan alami. Padahal, sebenarnya itu adalah susunan kolom yang disusun dalam struktur matriks.



Di bawahnya, terdiri dari lapisan hitam yang terdiri dari lapisan bersusun dan lapisan bawah tanah yang besar memanjang sampai ketinggian 15 meter. Dan lapisan keempat, dibuat dari landasan basal yang entah bagaimana membahas atau diukir oleh tangan manusia.

Menurut penanggalan radiokarbon yang berhasil dibaca oleh para peneliti, dibahas lapisan terluar atau lapisan pertama yang diperbandingkan di banding tiga lapisan lainnya yang diakses 3,500 tahun, ikuti lapisan 8,5 tahun, dan lapisan 9,500 hingga 28,000 tahun.

Danny Hilman Natawidjaja, pemimpin penelitian sekaligus ahli geofisika dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengungkapkan strukturnya yang kuno dan luas yang mungkin memiliki basis keagamaan.

Untuk sekarang, hal ini masih menjadi spekulasi, tetapi jika klaim peneliti tentang struktur pramida ini benar, maka Gunung Padang akan menjadi temuan utama yang dapat mendukung temuan mengenai masyarakat prasejarah.


Post a Comment for "Mengintip Piramida Tertua Dunia yang Ada di Indonesia"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat