Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jungle: Pertualangan di Amazon yang Mematikan

Yossi dan Kevin berjuang di atas rakit

Eastjourney- Jungle merupakan Sebuah film Australia pada tahun 2017 yang diangkat dari kisah nyata Yossi Ghinsberg bergulat dengan kehidupan yang mematikan di hutan Amazon. Awalnya ia menulis kisah ini dalam sebuah novel yang ia tulis sendiri pada 1980.

Sebagai seorang yang memiliki jiwa petualang, Yossi sangat terobsesi untuk melakukan perjalan yang jauh. Yossi yang diperankan oleh tokoh Harry Potter Daniel Radcliffe bahkan harus meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang tentara Israel.


Keputusan ini yang membuat dirinya bertentangan dengan ayahnya yang selalu memimpikan putranya itu seperti kebanyakan orang yang menikmati hidup, mengenyam pendidikan, memiliki istri dan anak, rumah yang bagus , memiliki tabungan yang banyak dan sukses.

Yossi menolak semua tawaran itu karena bertentangan dengan jiwanya. Ia ingin bertualang mengelilingi dunia, menemui sudut-sudut dunia yang belum diketahui oleh banyak orang. Ia terobsi dengan kehidupan di alam yang liar dan bertemu dengan suku pedalaman.

Obsesinya itulah yang membuat dirinya pergi dari rumah dan tiba di Bolivia di Amerika Selatan. Di sana ia bertemu dengan banyak teman baru seperti Marcus yang adalah guru di Swiss dan Kevin yang adalah seorang fotografer. Perjumpaan itu menjadi titik tolak perjalanan mereka untuk tidak sekedar berada di perkampungan biasa tetapi jauh ke hutan Amazon.
Saat keempatnya memulai perjalanan di sebuah rakit

Karl juga orang yang baru bertemu dengan Yossi. Ia mengisahkan kekayaan hutan Amazon yang membuat Yossi tertarik. Lebih menarik lagi ketika Karl mengisahkan bahwa Amazon dimiliki oleh suku Indian dan memiliki emas yang berlimpah di dalamnya.

Tanpa berpikir lama, Yossi langsung mencari Marcus dan Kevin dan mengisahkan soal suku Indian dan emas di hutan Amazon dan mengajak mereka untuk pergi ke sana. Pada awalnya kedua temannya itu menolak karena menganggap kisah dari Karl itu tidak masuk akal. Mereka sempat berselisih pendapat soal ini, akan tetapi pada akhirnya mereka terbujuk juga.

Dalam perjalanan itu mulanya seperti biasa. Mereka bisa melewati hutan kecil menuju rimba. Menarik ketika terjadi pertentangan di antara mereka yang sudah mulai menunjukan ego masing-masing. Sebuah bencana terjadi berawal dari kaki Marcus yang terkena luka. Kakinya bernanah dan teman-teman yang lain menganggap dirinya yang manja.

Mereka memutar otak, bagaimana caranya untuk cepat sampai pada tujuan mereka seperti tempat yang ada dalam benak Karl. Mereka memutuskan untuk menelusuri sungai yakni dengan menggunakan rakit sehingga dapat sampai ke tujuan dengan cepat.

Kevin sangat curiga dengan Karl yang tidak mau mengikuti rencana mereka. Karl adalah seorang pemandu perjalanan itu yang katanya tahu menahu tentang hutan Amazon sudah mulai kelihatan aneh. ia tak mampu menahan keseimbangan di atas rakit. Ia sepertinya tidak bisa berenang begitu curiga Kevin terhadap Karl.

Karl sang pemandu menyerah dan mengajak Marcus yang kakinya bernanah. Yossi dan Kevin melanjutkan perjalanan dengan rakit. Keadaan sungan itu memang sangat ekstrim, banyak bebatuan yang besar dan berbahaya.
Yossi sedang sekarat karena sudah lebih dari tiga Minggu di hutan sendiri

Rakit yang mereka tumpangi berjalan terus dihanyut sungai, akan tetpi sampai di ngara rakit tidak terkendali, Kevin menyelamatkan diri ketepian dan Yossi terbawa terus dengan arus. Beruntung ia selamat dengan memanjat tebing. Akan tetapi ia harus berpisah dengan Kevin.

Yossi mulai survive sendiri. ia berjalan tanpa bekal selama sebulan di hutan Amazon. Ia tampak stres berat. Ketakutan dan berbagai halusinasi menimpba dirinya. Hanya saja dia tetap berjuang untuk membalikkan keadaan.

Pada akhirnya ia ditemukan oleh warga dan beberapa kelompok yang mencari orang yang hilang di hutan Amazon. Karl dicari polisi karena memasuki hutan secara Ilegal dan membawa turis. Ternyata Karl adalah pembohong dan tidak tahu menahu soal suku Indian dan emas di pedalaman. Di akhir kisah Marcus yang bersama Karl justru hilang dan tidak tahu keberadaannya.

Film ini mengajarkan untuk survive dan tidak menyerah. Selain itu belajar untuk tidak percaya begitu saja kepada orang asing. Setiap orang memiliki obsesi akan tetapi jangan sampai dieksploitasi orang lain.

Post a Comment for "Jungle: Pertualangan di Amazon yang Mematikan"