Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo Selesai Agustus 2020


Easjourney- Pemerintah Indonesia saat ini berkomitmen untuk mendorong sektor pariwisata super prioritas. Salah satunya adalah pengembangan pembangunan yang mendukung pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk menyukseskan proyek ini Pemerintah melalui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang merupakan anak usaha gabungan dari PT PT ASDP Ferry Indonesia dengan PT Pembangunan Perumahan.

Sebagaimana dilaporkan Bisnis.com, Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan proyek ini meliputi pembangunan area komersial, hotel bintang 5, marina, serta pengembangan dermaga penyeberangan.

“Upaya pengembangan kawasan terpadu ini diharapkan bisa memberikan efek berganda terhadap perekonomian di kawasan sekitarnya,” kata dia, Selasa (8/10/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, soal pembangunan hotel bintang 5 atau Inaya Bay Komodo saat ini sedang dikerjakan dan sudah merampungkan pembangunan tahap I, dan telah melakukan soft launching sebanyak 105 unit kamar.

Ia menambahkan hotel mewah dengan total kapasitas 147 unit kamar tersebut ditargetkan akan selesai pada Januari 2020. Fasilitas yang terdapat di dalamnya meliputi ruang serbaguna (multifunction hall) yang bisa menampung hingga 1.000 tamu.


Kehadiran ruang serbaguna itu diharapkan bisa mendorong lebih banyak kegiatan-kegiatan berskala besar yang diselenggarakan di Labuan Bajo.

“Untuk keseluruhan pengembangan Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo ini diharapkan bisa rampung pada Agustus 2020,” ucapnya.

Untuk diketahui, setiap tahun kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo meningkat significant. Kunjungan tersebut meliputi Wisatawam Manca Negara (Wisman) Wisatawan Nusantara (Wisnus) dan Wisatawan lokal.

Berikut data kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo selama tiga tahun terakhir. Pada 2016 lalu, jumlah kunjungan Wisman sebanyak 54. 335 orang. Sedangkan Wisnus sebanyak 29.377 orang dan wisatawan lokal tidak ada. Total kunjungannya sebanyak 83. 712 orang wisatawan," kata Gusti.

Pada tahun 2017 jumlah kunjungan meningkat dengan Wisman 66.601 orang atau naik 18,42% dari tahun 2016; Wisnus 43.556 orang atau naik 32,55%; wisatawan lokal 1.592 orang atau naik 100%. Dengan demikian total kunjungan sebanyak 111.749 orang wisatawan.

Post a Comment for "Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo Selesai Agustus 2020"