Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BOP Labuan Bajo Wacanakan Gandeng Leonardo DiCaprio Promosikan Labuan Bajo



EASTJOURNEY –Badan Otoritas Pariwisata wacanakan gandeng Leonardo DiCaprio untuk Promosikan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tidak hanya Peraih Film Oscar tersebut, Denzel Washington juga menjadi salah satu candidat kuat untuk mempromosikan wisata di tanah Congka Sae ini.

Direktur Utama BOP Labuan Bajo Shana Fatina mengatakan rencana ini dilakukan  untuk menggenjot kunjungan wisatawan global. Menurutnya terlibatnya para aktor Hollywood tersebut karena menggunakan konsep konservasi.

"Jadi kami ingin rebranding lagi kalau Labuan Bajo ini konsep destinasi yang unik, karena dia punya Unesco World Heritage," kata dia kepada media di Labuan Bajo, Jumat, 15 November 2019.

Meski demikian Shana menjelaskan belum memastikan siapa yang aktor yang akan dipilih oleh BOP untuk mempromosikan Labuan Bajo. Ia menambahkan kandidat yang akan dipilih adalah yang memiliki kecintaan akan lingkungan atau aktivis lingkungan.

Aktor yang dpilih ialah sosok yang bisa memahami bahwa keberagaman biodiversity adalah sebuah warisan yang mesti dijaga bersama, dan pariwisata adalah cara menjaga kelestariannya.

"Belum, ada saran? mungkin seperti Leonardo di Caprio atau Denzel Washington mungkin model-model seperti itu, tapi nanti kami lihat lagi. Yang jelas kami akan cari sosok yang pertama dia aktivis lingkungan," beber Shana.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jendral Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno menilai perlu kejelian dalam memilih aktor tersebut. Ia bahkan merasa Aktor Film Titanic tidak perlu lagi mempromosikan Labuan Bajo.

Ia beralasan Labuan Bajo telah memiliki branding yang sangat kuat seantero dunia. Taman Nasional Komodo (TNK) yang merupakan tempat tinggal Spesies hewan Komodo bahkan sudah mendunia.

"Komodo saya rasa tanpa dipromosikan bintang film pun kayaknya sudah mendunia banget, terutama semenjak terpilih menjadi Seven Wonders of the World waktu itu,"  kata dia pada Minggu (17/11/2019).

Menurut Pauline Leonardo lebih cocok mempromosikan wilayah-wilayah potensial lain yang belum terkenal. Meski demikian ia menjelaskan semuanya kembali lagi pada tujuan dari branding Labuan Bajo. Pauline pun mengambil contoh dari Julia Roberts yang menjadi Duta Orang Utan secara gratis sehingga tidak memakai kas negara.

Pauline bahkan menyarankan Leonardo DiCaprio menjadi duta Pulau Labengki di Sulawesi Tenggara. Dengan dipromosikan oleh aktor dunia maka pulau tersebut akan menjadi popular. Saat ini pulau tersebut belum terkenal  akan tetapi memiliki resor yang akomodatif.

"Labengki itu kan yang masih belum terlalu dikenal dunia, mungkin aksesnya enggak terlalu mudah, tetapi cantik sekali. Hewan lautnya juga sudah cukup komplit. Ada kura-kura yang jenisnya cuman ada satu di situ," beber Pauline.

Selain itu, Pauline menyebutkan aktor yang cocok sesuai karakteristik Labuan Bajo adalah pribadi yang memiliki jiwa petualang (Adventurer). Para pengunjung atau wisatawan juga memiliki tujuan masing-masing sehingga perlu disesuaikan. (Liputan 6/Tribun/Kompas)

Post a Comment for "BOP Labuan Bajo Wacanakan Gandeng Leonardo DiCaprio Promosikan Labuan Bajo"