Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jokowi Geram dan Meminta Mentri Mengurusi Sampah di Labuan Bajo dan Tujuan Wisata Lainnya.



EASTJOURNEY-Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram dengan sampah di beberapa destinasi wisata superioritas Indoonesia. Jokowi bahkan meminta kementerian terkait menyelesaikan masalah sampah yang bertebaran di destinasi wisata seperti Labuan Bajo hingga Danau Toba.

Menurut Jokowi sampah harus diperhatikan dalam mengelola pariwisata. Ia sangat prihatin dengan kondisi beberapa tujuan wisata yang dinilai tercemar oleh sampah.

"Masalah kebersihan tolong dimulai kementerian terkait. Urusan sampah, plastik, yang bertebaran di kawasan wisata benar-benar bisa diselesaikan. Mungkin kita konsen dulu pada Labuan Bajo, Mandalika, Toba, Manado (Bunaken), dan Borobudur," ujar Jokowi dalam rapat terbatas mengenai pengembangan destinasi prioritas pariwisata di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

Hadir beberapa menteri dalam rapat terbatas tersebut seperti Menparekraf Wishnutama dan Mendikbud Nadiem Makarim. Dalam kesempatan tersebut Jokowi meminta Nadiem untuk memaksimalkan SDM penunjang Pariwisata seperti SMK Pariwisata.

Permintaan tersebut untuk menunjang sector Pariwisata yang terus moncer. Oleh karena itu terkait SDM Mendikbud memiliki tugas untuk menyediakan SDM  di SMK yang berada di lingkungan wisata untuk mendukung sector wisata.

Selain itu Jokowi memerintahkan para menteri menyelesaikan masalah akses ke destinasi wisata, pengaturan tata ruang, dan event-event di daerah.

"Saya melihat kita memiliki materialnya banyak di daerah. Namun untuk kemasan packaging perlu dibenahi. Dan juga, fasilitas-fasilitas yang mendukung ke arah itu perlu diperbaiki. Saya kira kita juga harus sentuh masalah kostum, pakaian adatnya, kemudian calendar of event, kemudian yang berkaitan dengan event besar atau annual eventnya," beberJokowi.

Post a Comment for "Jokowi Geram dan Meminta Mentri Mengurusi Sampah di Labuan Bajo dan Tujuan Wisata Lainnya."