Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Potret Natal di Kota Dingin Ruteng



EASTJOURNEY-Sebentar lagi, natal akan tiba. Untuk menyambut kelahiran Isa Al Masih tersebut, umat Kristiani di seluruh penjuruh dunia memiliki cara yang unik. Hal yang sangat menonjol adalah karya-karya seni yang menggambarkan suasana natal mulai dari lagu-lagu hingga ornamen-ornamen natal.

Beberapa di antaranya seperti Sinterclass, Trompet, pohon natal (Cemara), kandang natal dan lampu-lampu natal. Hiasan natal akan dipasang di gereja untuk menambah semarak kelahiran Yesus Kristus Putra Daud ini.

Di beberapa gereja biasanya memasang Pohon Cemara yang tinggi. Selain itu kandang natal yang dibuat juga biasanya berkapasitas besar dengan patung-patung yang lumayan besar.

Tradisi ini dilakukan oleh Keluarga Kristiani dengan menempatkan ornamen  di dalam rumah atau di halaman rumah hingga di gang-gang. Bahkan di tempat mayoritas agama Kristen karya seni natal ini dilombakan.

Eastjourney, mengumpulkan momen natal yang indah ini khususnya di kota dingin Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Kota kecil yang mayoritas umat Katolik ini mengekspresikan hari kelahiran Juru Selamat ini dengan berbagai cara. Berikut beberapa moment tersebut.


Lampu Natal yang Dipasang di Pohon 

Lampu Natal biasanya digantung di pohon natal. Pohon yang digunakan adalah pohon cemara dan dibuat dari plastik. Akan tetapi di Ruteng, lampu natal ini di pasang di pohon yang hidup yakni pohon bringin yang berada di halaman kantor Bupati Manggarai.

Ruteng Berasa Eropa


Suasana Natal di Kota Ruteng terlihat seperti Eropa/foto by Gempi.co
Lampu-lampu natal yang di pasang di setiap gang membuat kota ini terlihat seperti di Eropa. Apalagi saat malam tiba permainan cahaya lampu membuat gemerlap malam terlihat begitu indah.


Lampu-Lampu di Pinggir Jalan

Tidak tanggung-tanggung, hampir setiap gang bahkan gang-gang kecil sekalipun ornamen natal berupa lampu-lampu dipasang. Lampu-lampu ini berjejer dari rumah ke rumah. 

Lomba Kandang Natal
Salah satu kandang natal yang dibuat oleh warga Ruteng/Photo by: Melki Pantur

Kandang natal merupakan tradisi Kristiani yang sangat kental. Kandang tersebut berisi keluarga Kudus, Tiga Raja dari Timur, Malaikat, para gembala, unta hingga domba-domba. Saat natal tiba, di Ruteng biasanya ada perlombaan dekorasi kandang natal. Kandang natal yang paling Indah akan menjadi pemenang.
 

 





  

Post a Comment for "Potret Natal di Kota Dingin Ruteng"