Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalah dari Thailand dan Malaysia Wishnutama Ingin Pariwisata Indonesia Melebihi Dubai


Wisatawan Asing Mengunjungi Indonesia

Eastjourney-Menparkeraf Wishnutama Kusubandio menjelaskan pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan sektor pariwisata Indonesia. Ia menginginkan agar Indonesia melampaui negara lain dalam strategi peningkatan wisata seperti Dubai.

Ia memaparkan pihaknya sudah menyiapkan berbagai strategi yang dilakukan kedepan. Prioritas utamanya kata dia adalah mengubah orientasi dari quantity tourism menjadi quality tourism.

"Lalu ada juga inbound strategy, meningkatkan keselamatan dan keamanan para wisatawan, hingga peningkatan kapasitas kursi penerbangan ke Indonesia," kata Wishnutama saat acara “Ngobrol Bareng Yuk” di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Ia mengakui pariwisata bukanlah sesederhana seperti yang dipikirkan banyak orang. Tidak juga sebatas membahas masalah promosi dan infrastruktur semata. Salah satu yang menjadi agenda Kemenparkeraf adalah bagaimana menjadikan Indonesia sebagai ladang even-even besar.

“Contohnya Dubai, semua event digarap, kenapa itu dilakukan Dubai? Karena untuk mendatangkan devisa," kata dia.

Menurutnya persoalan mendatangkan wisman tentu saja soal akomodasi transportasi. Untuk itu perlu disiapkan agar quota penerbangan ke Indonesia memenuhi kebutuhan wisatawan. "Ini juga yang terpenting seat Capacity,” katanya.

Penambahan jumlah seat capacity perlu dilakukan dalam meningkatkan jumlah wisatawan. Selama ini kata dia Seat Capacity Indonesia, jauh dari yang diharapan. Dari data yang ia paparkan Pada 2019, seat capacity ke Indonesia dari seluruh dunia sejumlah 25 juta. Pada kenyataannya, seat capacity yang terpenuhi (load factor) hanya 76 persen.

Turis Asing terus meningkat setiap tahun mengunjungi Indonesia/Foto Spesial

Dari angka tersebut, actual seat capacity Indonesia sejumlah 19,1 juta seats. Dari jumlah tersebut, 5,5 juta didalamnya diisi oleh WNI. Maka dari itu, jumlah airline seats untuk wisatawan asing ke Indonesia hanya 13,6 juta seats.

Ia memeberkan Indonesia sering dibandingkan dengan beberapa negara yang seat capacity sangat tinggi seperti Thailand, Malaysia, Vietnam dan terakhir Dubai. "Thailand sendiri seat capaticy-nya 57 juta dengan load factor 65 persen. Indonesia sendiri seat capacity-nya 13,6 juta," kata dia.

Seat capacity perlu menjadi salah satu orientasi kedepannya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Saat ini pemerintah menargetkan 20 juta wisatawan mengunjungi Indonesia.

"Untuk mendatangkan 20 juta wisatawan, bagaimana caranya kalau tidak menambah jumlah kapasitas seat. Ini perlu koordinasi lintas kementerian. Oleh sebab itu, ini jadi tantangan yang harus kita hadapi ke depan,” katanya.

Post a Comment for "Kalah dari Thailand dan Malaysia Wishnutama Ingin Pariwisata Indonesia Melebihi Dubai"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat