Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi dan Yayasan WWF-Indonesia Gelar Acara Jaksa Peduli Satwa


Eastjourney- Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi menggelar acara peluncuran "Jaksa Peduli Satwa" yaitu program kolaborasi antara Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi dan Yayasan WWF-Indonesia – Sumatera Tengah di Teluk Kuantan, Kuantan Singingi, Senin, 10 Febuari 2020.

Program "Jaksa Peduli Satwa" ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Kuantan Singingi mengenai upaya perlindungan satwa liar dan ekosistemnya. Salah satu bentuk kegiatan dari program ini adalah sosialisasi dengan mengunjungi desa-desa dan memberikan penyuluhan terkait penegakan hukum terhadap satwa liar dilindungi.

“Kolaborasi antara Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi dan WWF-Indonesia berawal dari penanganan dua kasus satwa liar yang terjadi di tahun 2019 yaitu, kematian satu individu Harimau  Sumatera (Panthera tigris sumatrae) akibat jerat sling dan kasus perburuan satu Rangkong Badak (Buceros rhinoceros).” Terang Kepala Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi, Hadiman SH., MH.

Peluncuran program Jaksa Peduli Satwa  sangat diapresiasi Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Dr. Mia Amiati, SH., MH yang hadir di Kejari Kuansing untuk meresmikan program ini.

"Begitu banyak peraturan-peraturan terkait lingkungan dan satwa liar yang belum dipahami oleh masyarakat. Sehingga program sosialisasi ini menjadi sangat diperlukan untuk mencegah perbuatan pidana yang dapat merugikan lingkungan dan masyarakat." ujar Dr. Mia Amiati, SH.,MH saat memberikan kata sambutan.

Program launching ini dihadiri oleh Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si dan Wakil Bupati. Kepala Kepolisian Resor Kuantan Singingi AKBP Hengky Poerwanto, S.IK., MM, Ketua DPRD Kuantan Andi Putra, SH., MH., Dandim Letkol. Arh Hendra Roza, dan pejabat terkait di lingkungan Kabupaten Kuantan Singingi.

"Pemerintah daerah Kabupaten Kuantan Singingi berkomitmen menjaga lingkungan dan kelestarian satwa dan menandatangani  piagam kesepakatan Rimbang Baling yang bertujuan untuk menjaga alam." ujar Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini.

Acara launching  kemudian dilanjutkan oleh sosialisasi  mengenai perlindungan satwa dan ekosistemnya dan peran kejaksaan dalam mendukung perlindungan tersebut  yang dipaparkan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Mia Amiati, SH., MH.

Sebelumnya, berlangsung kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama antara Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi dan WWF- Indonesia Program Sumatera Tengah untuk pelaksanaan Program Jaksa Peduli Satwa. Harapannya bahwa kegiatan sosialisasi ini akan meningkatkan sinergi antar instansi pemerintahan dan aparat penegak hukum dalam mewujudkan komitmen bersama menjaga lingkungan hidup di Kuantan Singingi.

Post a Comment for "Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi dan Yayasan WWF-Indonesia Gelar Acara Jaksa Peduli Satwa"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat