Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Museum Gajah, Merupakan Museum Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara.


Eastjourney- Museum merupakan tempat mesin waktu berada. Memasuki sebuah museum merupakan pintu ke masa lalu. Berdasarkan penelusuran Eastjourney, salah satu museum yang membuat anda terpukau adalah museum Gajah. Meski dikenal dengan nama museum gajah sebenarnya sejak 28 Mei 1979, nama resmi lembaga ini adalah Museum Nasional Republik Indonesia

Disebut museum Gajah ternyata di pelataran museum tersebut terdapat sebuah patung gajah ikonik. Gajah kecil tersebut berdiri tegap dia atas ebuah tugu berwarna putih. Kalau di potret dengan baik Tugu dan Gajah tersebut seakan menyatu dengan tiang bendera mera putih di belakangnya.

Gajah tersebut bukanlah sembarangan gajah. Benda tersebut terbuat dari  perunggu oleh Raja Chulalongkorn dari Thailand. Ikonik gajah tersebutlah yang membuat museum ini sering disebut Museum Gajah.

Tempat ini merupakan museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Siapapun yang masuk ke dalam museum tersebut tidak akan kecewa untuk memburu berbagai informasi dari benda-benda yang menjadi koleksi museum ini.

Diketahui Museum Gajah banyak mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh tanah air. Beberapa diantaranya adalah koleksi adalah arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan. Koleksi-koleksi tersebut dikategorisasikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, buku langka dan benda berharga.

Bila anda ke museum ini anda akan menemuka patung Bhairawa. Patung yang tertinggi di Museum Nasional ini (414 cm) merupakan manifestasi dari Dewa Lokeswara atau Awalokiteswara, yang merupakan perwujudan Boddhisatwa (pancaran Buddha) di Bumi.

Patung ini berupa laki-laki berdiri di atas mayat dan deretan tengkorak serta memegang cangkir terbuat dari tengkorak di tangan kiri dan keris pendek dengan gaya Arab di tangan kanannya. Ternyata patung ini jauh-jauh ditemukan di Padang Roco, Sumatra Barat ini berasal dari abad ke 13 - 14.

Museum ini juga mengoleksi arca Buddha tertua di museum ini berupa arca Buddha Dipangkara yang terbuat dari perunggu disimpan dalam Ruang Perunggu dalam kotak kaca tersendiri. Sementara itu, arca Hindu tertua di Nusantara, yaitu Wisnu Cibuaya (sekitar abad ke-4 M) terletak di Ruang Arca Batu. Koleksi ini dipajang tanpa teks label dan terhalang oleh arca Ganesha dari Candi Banon.

Alamat
Museum Nasional Republik Indonesia/ Museum Gajah, Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat DKI Jakarta Indonesia.

Harga Tiket
Pengunjung Perorangan
Dewasa : Rp 5.000,-
Anak-anak : Rp 2.000,-

Pengunjung Rombongan (minimum 20 orang)
Dewasa : Rp 3,000,-
Anak-anak (TK s.d SMA) Rp 1.000,-

Pengunjung Asing Rp 10.000,-

Jam Operasional Museum Nasional
Selasa-Jum’at : Pukul 08:00 – 16:00
Sabtu -Minggu : Pukul 08:00 – 17:00

Post a Comment for "Museum Gajah, Merupakan Museum Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara. "

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat