Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekian Bulan Corona, Tetap Pertahankan Budaya Bersih

Ilustrasi Cuci Tangan/Foto Spesial

EJE- Terkesan nyeleneh, sebuah virus yang mematikan bisa dihentikan langkahnya dengan mencuci tangan. Saat ini HAND SANITIZER menjadi tranding topik. Beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab bahkan mengambil kesempatan ini untuk mengambil keuntungan. Sangat tidak manusiawi!

Kembali ke soal cuci tangan. Cuci tangan sepertinya budaya manusia yang sudah lama ada di dunia. Ia berkembang seiring dengan perkembangan manusia itu sendiri. Bahkan dimulai dari hanya bahan dedaunan  hingga saat ini menggunakan berbagai macam bentuk sabun dan alat kebersihan tangan lainnya.

Saat corona menimpa hampir 200 negara, Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengkampanyekan cuci tangan ini. Menghentikan untuk memegang wajah dan hidung dengan tangan. Disinyalir tangan adalah perantara terbaik penyebaran virus Corona.

Mengutip WHO Covid 19 bisa menyebar ke Individu lain melalui cairan. Saat seorang yang teridap covid 19 bersin dan cairan bersinya mengenai orang lain, peluangnya sangat besar untuk menular. Ataupun ketika cairan bersin jatuh ke meja dan tangan individu akan menyentuh meja itu lalu ia akan memegang hidung atau wajahnya juga memiliki peluang untuk terkena virus corona.

Untuk mengehentikan langkah Covid bisa dilakukan dengan cuci tangan, jangan menyentuh hidung dan wajah. Kiranya cuci  tangan yang sudah menjadi bagian peradaban manusia yang paling tua ini tidak dilupakan di tengah gempuran corona ini.

Selain cuci tangan, kesopanan dalam bersin, batuk dan menguap menjadi saran banyak dokter saat ini. "Tutuplah mulut saat bersin," begitu kata beberapa himbauan. Untuk itu penggunaan masker sangat dibutuhkan sehingga tidak menyebar ke orang lain atau sebaliknya.

Pemerintah Indonesia menyarankan sosial distance untuk menghadapi corona. Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan lebih memilih sosial distance daripada tawaran lock down. "Warga yang satu dengan yang lainnya perlu menjaga jarak hingga 2 meter," kata Jokowi.

Cara-cara sederhana itu sangat membantu siapapun dari penyebaran wabah yang telah menjadi pandemi global tersebut. Ketika cuci tangan sudah mulai diremehkan, mari mulailah cintai tangan masing-masing dengan mencuci.

Info penting
*Cuci Tangan
*Jangan sentuh wajah dan hidung
*Pakai Masker
*Jaga jarak 2 meter (sosial distance)
*Bersin dan batuklah sesuai etika



Post a Comment for "Sekian Bulan Corona, Tetap Pertahankan Budaya Bersih"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat