Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wayang Merupakan Karya Bangsa Indonesia yang Menjadi Warisan Budaya Dunia

Dalang sedang memainkan wayang dalam sebuah pertunjukan/foto spesial

EJE- [Warisan Budaya] Wayang Indonesia merupakan karya masyarakat Nusantara yang diakui dunia saat ini. Karya wayang tidak ditemukan dimana-mana di dunia kecuali di Indonesia. Meski demikian hingga saat ini wayang menjadi salah satu karya budaya yang menjadi favorit warga dunia.

Diketahui wayang diakui olehUnited Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, disingkat UNESCO. Lembaga ini merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945 yang menangani Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Dunia.

Oleh UNESCO pada tahun 2008 silam, Wayang telah diakui sebagai daftar perwakilan Warisan Budaya Takbenda dari Indonesia. Warisan dunia yang merupakan seni pertunjukan rakyat ini sangat dicintai rakyat Indonesia. Meski di kepung oleh era digital, wayang masih disukai oleh warga. Pertunjukkan wayang masih digelar dimana-mana.

Wayang dimainkan oleh seorang yang disebut dalang yang akan menggerakan tokoh-tokoh pewayangan dalam cerita. Tokoh-tokoh tersebut dipilih dan dimainkan oleh dalang sesuai dengan cerita atau naskah.

Menariknya certa yang diangkat ini bersumber pada kitab Mahabarata dan Ramayana dimana bernafaskan kebudayaan dan filsafat Hindu, India, namun telah diserap ke dalam kebudayaan Indonesia.

Pemeran panggung Antonia Schwingel tampil sebagai narator yang merangkum tiap adegan dalam bahasa Jerman/ Foto DW
Pada pertunjukan wayang sang dalang biasanya dibantu oleh swarawati atau sindhen dan para penabuh gamelan atau niyaga. Wayang tidak hanya melibatkan dalang tapi banyak orang layaknya seni pertunjukkan.

Ada berbagai jenis wayang yang ada di Indonesia yakni Wayang kulit Purwa, Wayang Golek Sunda, Wayang Orang, Wayang Betawi, Wayang Bali, Wayang Banjar, Wayang Suluh, Wayang Palembang, Wayang Krucil, Wayang Thengul, Wayang Timplong, Wayang Kancil, Wayang Rumput, Wayang Cepak, Wayang Jemblung, Wayang Sasak (Lombok), dan Wayang Beber.

Ada lima tokoh superhero yang paling terkenal dalam wayang yakni Bima, Arjuna, Anoman, Gatotkaca, dan Kresna. Kelima tokoh tersebut digambarkan sering menolong orang dalam setiap adegan. Mereka juga para pembela kebenaran dan menegakan keadilan di tengah rakyat.

Post a Comment for "Wayang Merupakan Karya Bangsa Indonesia yang Menjadi Warisan Budaya Dunia"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Goet Manggarai Tentang Persahabatan atau Persaudaraan,
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI