Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hal Unik yang Bakal Kamu Temukan di Sumba


Eastjourneymagz.com-Pulau Sumba merupakan salah destinasi di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menjadi incaran para pelancong dalam negeri dan mancanegara. Data menunjukkan kunjungan wisatawan mancanegara terus meningkat setiap tahunnya.

Di sini banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa ditemukan. Tentu saja salah satunya padang Savana yang menjadi ciri khas alam Sumba. Padang Savana ini bahkan diincar oleh banyak produser film.

Film-film yang ditayangkan di layar tancap bioskop nasional tersebut menayangkan keindahan landskap alam Sumba. Salah satu film paling keren adalah Si Marlina Sang Pembunuh.

Bukan hanya keindahan alam, Sumba juga memiliki kekayaan tradisi lokal yang menghipnotis setiap pengunjung ke tempat ini. Perpaduan antara budaya dan alam Sumba inilah yang menjadi magnet wisatawan saat ini.

Berikut ini Eastjourneymagz.com mengumpulkan 5 hal unik yang bisa ditemukan di tanah Sumba.

1. Tradisi Pasola dan Nyale


Tradisi Pasola dan Nyale adalah dua hal yang tak terpisahkan dan keduanya berjalaan bersamaan. Kedua tradisi ini dijalankan sekali setahun. Tradisi Nyale biasanya dijalankan sebelum tradisi Pasola yakni pada malam hari saat bulan purnama tiba. Warga akan berbondong-bondong ke Laut untuk menangkap cacing. Keesokan harinya warga akan berkumpul di tanah lapang untuk mengadakan tradisi pasola. Mereka akan beradu ketangkasan melempar tombak kayu di atas kuda.

2. Kuburan Megalitikum


Di Sumba juga terdapat kuburan Megalitikum seperti di kampung adat Ratenggaro. Kuburan-kuburan ini merupakan pusara bagi leluhur masyarakat Sumba. Setelah di telusuri kuburan ini sudah ada sejak 4.500 tahun silam. Kuburan tersebut jumlahnya 304 buah dan semuanya dirawat dengan baik.

3 Tenun Adat Sumba


Tenun adat Sumba merupakan karya ibu-ibu Sumba. Dalam pengerjaannya bisa memakan waktu enam hingga tiga tahun. Warnanya dari ramuan alami yang dibuat dari tanaman khusus. Motif-motifnya beragam mulai dari kuda, Naga, Singa, Kakatua, kura-kura dan lain-lain yang semuanya memiliki makna tersendiri.

4. Padang Savana


Alam yang sangat memukau di Sumba adalah Savana. Beberapa titik Savana yang memanjakan mata mulai dari pemandangan rerumputan hingga kuda-kuda liar. Spot terbaik Savana terdapat di beberapa tempat seperti Bukit Wairinding dan Pantai Puru Kambera.

5. Tradisi Nyirih


Masyarakat Sumba sangat menyukai tradisi Nyirih. Tradisi ini biasanya dilakoni setiap hari. Dalam acara penting, tradisi nyirih juga bagian yang tidak terlupakan. Tradisi ini menggambarkan persaudaraan, penghormatan dan kekrabatan.

Post a Comment for "5 Hal Unik yang Bakal Kamu Temukan di Sumba"