Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Deretan Perempuan Istana yang Mengenakan Kain Tenun Manggarai

Keluarga Megawati memakai tenun Manggarai/Foto Instagram Puanmaharaini

Eastjourneymagz.com-
Kain tenun daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) kini makin terkenal di kancah nasional maupun internasional. Ada banyak jenis kain tenun di NTT seperti kain tenun Sumba, Timor, Bajawa, Ende hingga Manggarai.

Semuanya memiliki ciri khas masing-masing mulai dari warna hingga motif-motif yang dipilih. Keberagaman tenun yang hampir dimiliki oleh setiap daerah di NTT ini membuat provinsi ini menjadi surga tenun.

Kali ini Eastjourneymagz.com menyoroti tenun Manggarai yang biasa disebut lipa songke atau songke yang akhir-akhir ini digemari oleh pejabat Istana. Mereka memakainya saat-saat acara resmi hingga acara keluarga.

Berikut potret songke Manggarai yang dikenakan oleh 3 tokoh perempuan Istana.

1. Almarhuma Ani Yudhoyono
Almarhuma Ani Yudhoyono/foto google

Istri mantan presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono digemari oleh banyak perempuan salah satunya dari cara berpakaian. Tak jarang banyak perempuan mengikuti gaya berpakaian ibu negara ini. Ia juga gemar menggunakan kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Ia pernah tertangkap kamera mengenakan kain songket Manggarai. Ia mengenakan kain songket saat kunjungan kerja di NTT bersama SBY. Tampak dirinya sangat anggun saat mengenakan kain songket Manggarau tersebut.

2. Ibu Negara Iriana Joko Widodo
Foto Biro Pers Istana

Istri presiden Joko Widodo, Iriana Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo 2019 yang lalu mendapat sorotan dari warganet. Dalam penyambutan kunjungan tersebut ia dan presiden Jokowi mendapat seserahan kain songket atau songke Manggarai saat baru tiba di Bandar Udara Labuan Bajo. Pemberian kain songket tersebut merupakan salah satu penghargaan yang tertinggi dari Masyarakat Manggarai.

3. Mantan Presiden Indonesia ke 5 Megawati Soekarno Putri


Di sela-sela hari raya Idul Fitri warganet menyoroti keluarga mantan Presiden Indonesia ke 5 Megawati pasalnya mereka sangat kompak mengenakan kain tenun Manggarai dalam acara lebaran keluarga tersebut. Dalam foto yang diunggah diinstagram putrinya Puan Maharani yang juga menjabat Ketua DPR RI, tampak keluarga Megawati mengenakan songke Manggarai. Terlihat Megawati dan Puan duduk pada bangku paling depan sembari mengenakan songke di foto tersebut.

Emansipasi 

Tenun NTT seperti Songke Manggarai hingga saat ini mulai dikenal oleh publik tanah air. Para pejabat tak jarang mengenakan kain songket dalam setiap acara baik formal maupun non formal.

Para artis juga banyak yang menggunakan kain songket saat memandu acara bahkan dalam sebuah konser. Eastjourneymagz.com sebelumnya pernah menuliskan deretan artis yang mengenakan kain songket.

Ramainya publik figur yang mengenakan kain songket merupakan sebuah kebanggaan teraendiri bagi masyarakat Manggarai. Di sisi lain ini merupakan sebuah peluang terutama bagi ekonomi rakyat.

Selain itu meluncurnya kain songket ke publik secara langsung memberi daya emansipasi bagi perempuan Manggarai. Karya busana tradisi perempuan-perempaun Manggarai yang juga adalah hasil karya intelektual sungguh-sungguh mengangkat martabat perempuan itu sendiri.

Namun di sini perlu ada kejelian, bahwa tidak sekonyong-konyong perempuan Manggarai terangkat martabatnya oleh karena songket telah dipakai tokoh publik, tidak. Mengingat martabat perempuan Manggarai telah dihargai sejak dari dalam "rahimnya".

Hal yang perlu digarisbawahi di sini adalah bagaimana menghargai karya perempuan Manggarai tersebut dan mewarisinya sama seperti tradisi batik di Jawa.

Songket semestinya sunggu-sungguh di perhatikan. Songket tidak lagi dinilai selembar kain yang bermotif tapi selembar kain yang memilki daya emansipasi terhadap perempuan itu sendiri, terhadap kemiskinan di Manggarai dan NTT baik materi maupun berpikir dan terhadap pengampuh kepentingan yang seringkali menilai songket sebagai kain yang bermotif saja.

Post a Comment for "Ini Deretan Perempuan Istana yang Mengenakan Kain Tenun Manggarai"

Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
Goet Manggarai Tentang Persahabatan atau Persaudaraan,
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat
Kisah Rumah LaLaurie, Rumah Paling Angker di New Orleans
Lebih Dekat Dengan Lumba-Lumba, Ini Harga Tiket dan Cara ke Pantai Lovina
Keunikan Tradisi Berbagi Pasangan Suku Eskimo, Tamu Boleh Tidur Dengan Istri Tuan Rumah