Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Panik, Tiga Stiker ini Akan Kamu dapat Saat Memasuki Kawasan Borobudur Nanti Sesuai Prosedur Covid 19

Pengunjung Candi Borobudur/Foto Spesial
Eastjourneymagz.com- Setelah vakum selama tiga bulan akhirnya PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) akan membuka gerbang Candi Borobudur pada awal Juni nanti. Dibukanya Candi Borobudur ini sebagai upaya pemerintah mendongkrak sektor pariwisata dalam menyambut "The New Normal".

Pihak PT TWC telah melakukan berbagau persiapan memperbaiki dan meningkatkan standar kualitas pelayanan menuju pariwisata yang bersih, sehat, dan aman untuk menerima seluruh wisatawan yang berkunjung.

Upaya ini searah dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang akan menerapkan program CHS (Cleanliness, Health, and Safety) di setiap destinasi pariwisata.

Maka pihak PT TWC menerapkan pemeriksaan ketat dengan memberikan tiga stiker berwarna bagi pengunjung sesuai dengan hasil pemeriksaan di pintu masuk candi. Stiker tersebut menjadi penanda bagi setiap pengunjung.

Menariknya hasil pemeriksaan itu akan menentukan apakan pengunjung boleh lanjut untuk masuk ke Candi atau disuruh menunggu serta pulang. Pihak candi juga telah mempersiapkan klinik untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pengunjung Juga akan diperiksa suhu tubuhnya di seriap pintu dan akan diberi sriker penanda suhu tubuh.

Ada tiga stiker yang perlu diperhatikan dan dibagika  berdasarkan warna masing-masing.

Sriker Warna Hijau

Pengunjung akan diperiksa terlebih dahulu dan setelah melakukan pengecekan suhu badan serta hasil tesnya berada di bawa suhu 37,5 derajat Celcius. Maka pengunjung tersebut akan mendapat stiker warna hiu.

Setelah menerima stiker ini pengunjung boleh lansung masuk ke Candi. Itu berarti pengunjung dinyatakan aman, meski demikian tetap memperhatikan standar kesehatan dan kebersihan seperti jaga jarak dan cuci tangan.

Stiker Warna Kuning

Pengunjung yang telah diperiksa dan suhu badan tercatat 37,5 hingga 37,7 derajat celcius mendapatkan stiker warna kuning.

 Pengunjung yang mendapat stiker berwarna kuning akan mendapat edukasi dari para petugas atau "coustemer service".

Stiker Warna Merah

Pengunjung yang suhu badannya berada di atas 38 derajat celcius diberi stiker warna merah. Pihak Candi akan mengarahkan pemegang stiker berwarna merah ke klinik kesehatan dan akan mendapatkan treatmen.

Apabila pengunjung tersebuut datang sendiri akan diarahkan pulang. Kalau ia datang bersama rombongan maka ia wajib menunggu diklinik sampai rombongan ke luar.

Catatan
Stiker ini diberikan bukan untuk menakut-nakuti saat mengunjungi candi Borobudur. Stiker ini sebagai warning dan peningkatan kewaspadaan selama masa pandemi.

Selain itu sebagai edukasi bagi pengunjung agar tetap memperhatikan kesehatan dan kebersihan selama melakukan perjalanan wisata ke tempat ini.

Post a Comment for "Jangan Panik, Tiga Stiker ini Akan Kamu dapat Saat Memasuki Kawasan Borobudur Nanti Sesuai Prosedur Covid 19"