Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segera Buru Tiket Gratis Seluruh Tempat Wisata Labuan Bajo hingga 31 Juli 2020


Eastjourneymagz.com- Kabar baik bagi wisatawan yang ingin ke Labuan Bajo mengingat Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggratiskan tempat wisata di Labuan Bajo  hingga 31 Juli 2020.

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Rinus membenarkan hal itu. Pemberian tiket gratis tersebut bagi wisatawan merupakan strategi untuk memberi stimulus bagi wisatawan di tengah era normal baru ini.

“Pemerintah daerah beri stimulus untuk gratiskan seluruh wisatawan yang masuk ke destinasi di luar Taman Nasional Komodo (TNK),” kata dia dalam webinar bertajuk “Strategi dan Program Clean, Health and Safety (CHS) Destinasi Pariwisata Pasca Pandemik”, Senin (6/7/2020).

Selama masa pandemi, sektor wisata merupakan salah satu yang terpuruk termasuk di Labuan Bajo. Kunjungan wisatawan menurun drastis pasca ditutupnya berbagai lokasi wisata sebagai bagian dari protokol pemerintah. Oleh karena itu perlu ada strategi untuk menarik minat wisatawan.

"Keputusan tersebut dilakukan guna menarik minat kunjungan wisatawan ke sana, terlebih lagi ke Labuan Bajo," bebernya.

Untuk mendapatkan tiket gratis perlu melakukan reservasi online terlebih dahulu situs booking.labuanbajoflores.id.

Dalam reservasi online ini terdapat berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh wisatawan dari NIK, Surat Kesehatan hingga perusaan asuransi. Selain itu juga terdapat berbagai pilihan destinasi wisata yang diinginkan.


Beberapa destinasi yang ditawarkan diantaranya  TNK, Wisata Darat (Non Taman Nasional Komodo), dan Wisata Laut (Non Taman Nasional Komodo). 

Meski demikian pemerintah Manggarai Barat tetap memberlakukan aturan kuota bagi pengunjung. Wisatawan yang masuk hanya 50 persen dari biasanya sesuai dengan aturan Protokol Tatanan Normal Baru Covid-19 di Sektor Pariwisata.

Pembatasab ini berlaku sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Manggarai Barat Nomor 128/KEP/HK/2020 tentang Protokol Tatanan Normal Baru Covid-19 di Sektor Pariwisata Manggarai Barat, seluruh tempat wisata dibatasi kapasitas tampungnya.

Selain pemberlakuan pembatasan kuota bagi pengunjung, waktu bagi pengunjung dalam menjelajah destinasi tersebut juga dibatasi.

“Kami menerapkan 50 persen kapasitas dari kapasitas normal. Tapi kami atur durasi waktunya,” ujar Agustinus. “Seandainya masuk ke satu destinasi, misal Batu Cermin, durasi waktu kita atur misal 3 jam untuk 50 tamu,” kata dia..

Untuk diketahui Pemerintah Manggarai Barat membuka destinasi wisata di luar TNK secara terbatas pada Mulai 1 – 16 Juli. Sementara evaluasi dan penertiban akan dilakukan terhadap pelaku pariwisata mulai 17 – 31 Juli.

"Nanti akan dilakukan evaluasi bertahap, mereka yang memenuhi protokol kesehatan saja yang diizinkan untuk lanjut beroperasi," kata Agustinus.

“Pemberian waktu bagi pelaku pariwisata melengkapi tatanan baru sektor pariwisata. Tanggal 1 Agustus pembukaan destinasi normal. Pembukaan seluruh destinasi, dan kita melakukan evaluasi secara bertahap,” imbuhnya.

Post a Comment for "Segera Buru Tiket Gratis Seluruh Tempat Wisata Labuan Bajo hingga 31 Juli 2020"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat