Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Bandung Barat Mendesak Perda Cagar Budaya


Eastjourneymagz.com- Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki beebagai benda yang memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi. Melihat potensi KBB tersebut Tim Ahli Cagar Budaya ( TACB) KBB sedang mendesak diterbitkannya Peraturan Daerah Cagar Budaya ( Perda Cagar Budaya) yang ditargetkan selesai tahun 2021 nanti.

Dilansir dari Tribun Jabar, Ketua TACB Tubagus Adhi menjelaskan Pihaknya mendesak agar Perda Cagar Budaya segera dibuat. Perda tersebut kata dia sangat dibutuhkan mengingat begitu banyak benda-benda bersejarah dan bernilai ringgi di KBB

"Perda Cagar Budaya sangat diperlukan guna bisa secepatnya menginvestaris benda-benda bersejarah khususnya yang ada di wilayah KBB," kata dia kepada mmedia.

Ia menambahkan pihaknya saat ini sedang mengkomunikasikan perda ini kepada pemerintah setempat. Hal tersebut untuk memperkuat saat penelitian nanti sebagai dasar hukim.

"Kami sedang mendiskusikan dengan Pemkab Bandung Barat soal Perda Cagar Budaya, karena biar memperlancar saat melakukan penelitian karena sudah ada dasar hukumnya, " imbuh Tubagus.

Selain itu kata dia hingga saat ini aset cagar budaya di Indonesia terdapat 117 buah. Aset tersebut menyebar di seluruh wilayah di Indonesia.

"Ada banyak aset cagar budaya yang belum tereksplorasi," jelasnya.

Dengan diterbitkannya Perda Cagar Budaya, pihaknya bakal langsung mendaftar dengan hasil kajian dan penelitiannya

Post a Comment for "Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Bandung Barat Mendesak Perda Cagar Budaya"