Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Wisata Budaya dan Religi di Indonesia yang Harus Menjadi daftar Kunjunganmu

Pura Luhur Ulu Watu Bali/ Foto Spesial
Eastjourneymagz.com- Wisata Indonesia tidak hanya terkenal karena wisata alamnya, tetapi juga wisata budaya yang menarik banyak wisatawan. Hal ini juga karena Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman budaya.

Data BPS tahun 2010 menunjukan Indonesia memiliki sejumlah 1.128 suku bangsa. Terdapat begitu banyak tempat wisata yang memancarkan keragaman budaya tersebut. Tempat-tempat tersebut menyebar di seluruh tanah air Indonesia.
Baca Juga
Berikut ini 5 tempat wisata budaya yang dirangkum Eastjourneymagz.com.
1.Masjid Raya Baiturrahman, Miniatur Taj Mahal

Foto Kumparan
Salah satu peninggalan peradaban Islam di Indonesia adalah Masjid Raya Baiturrahman, Aceh, Indonesia. Hingga kini tempat ibadah umat muslim ini berdiri kokoh di tengah pusat kota Banda Aceh. Masjid ini merupakan masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022. Masjid ini menjadi jejak islam di Aceh dan Nusantara dimana menjadi salah satu pusat Syiar dan penyebaran islam. Arsitektur Masjid Raya Baiturrahman sangat unik bahkan disebut-sebut sebagai miniatur Taj Mahal.
2. Candi Borobudur, Monumen Budha Terbesar Dunia


Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan peradaban Budda di Indonesia. Candi ini didirikan olehpenganut Buddha Mahayana  pada masa pemerintahan wangsa Syailendra pada abad ke-8 masehi di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi yang berbentuk stupa ini merupakan kuil sekaligus monumen Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur merupakan Situs Warisan Dunia Unesco dan pernah menjadi satu dari 7 keajaiban dunia. Candi ini juga masih menjadi tempat upacara keagamaan terutama tri hari suci agama Buddha.
Baca Juga:
3. Pura Luhur Uluwatu Penyangga dari 9 mata angin


Pura ini terdapat di Pulau Dewata Bali yang merupakan tempat suci bagi umat Hindu Bali tepatnya di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Menariknya pura ini dibangun di atas anjungan Batu Karang yang tinggi. Gelora lautan dengan ombak mengitari pura suci itu. Umat Hindu Bali mempercayai Pura ini adalah jenis Pura Sad Kayangan yang dipercaya sebagai penyangga dari 9 mata angin oleh.
4. Gereja Katedral Jakarta, Situs Neo Gotik
Gereja Katedral Jakarta dengan nama resmi Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga terletak di Jakarta Pusat berseberangan dengan Masjid Istiqlal. Kedua rumah ibadah ini menggambarkan toleransi di Indonesia sesuai amanat Pancasila. Katedral Jakarta  diresmikan pada tahun 1901 dan menjadi cagar budaya. Hal yang menarik dari gereja ini adalah arsiteknya yang sangat mencolok yakni Neo Gotik Eropa sehigga sehingga sangat berbeda dengan bangunan yang umumnya di Indonesia.
5. Tradisi Paskah Semana Santa di Larantuka


Semana Santa merupakan sebuah ritual keagaaman di Larantuka, kota kecil di Flores Timur. Setiap tahun tempat ini dibanjiri ribuan umat Katolik yang melakoni prosesi Paskah Semana Santa. Prosesi ini merupakan peninggalan Portugis yang membawa peradaban Katolik di tempat ini melalui imam dominikan pada 5 abad yang lalu.

Kesimpulan
Pada dasarnya, Selain kelima tempat di atas, masih banyak tempat wisata budaya dan religi yang ada di Indonesia. Dengan mengunjungi tempat ini wisatawan akan mendapat wawasan yang baru soal peradaban yang bersembunyi di balik ke lima destinasi di atas.

Melalui situs-situs dan artevak di tempat-tempat ini pengunjung bisa mencecapi perjalanan peradaban besar di Indonesia sejak berabad-abad silam. Bagaimana peradaban-peradaban tersebut telah mengakar begitu lama di Nusantara dan menjadi kekayaan di dalam rumah yang disebut Indonesia ini.
Baca Juga:

Post a Comment for "5 Tempat Wisata Budaya dan Religi di Indonesia yang Harus Menjadi daftar Kunjunganmu"