Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Delapan Destinasi Wisata NTT Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020

Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao Salah satu destinasi yang dipilih API / Foto Travel Kompas

Eastjourneymagz.com-
Delapan destinasi wisata baru di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020, yang berlangsung sejak 01 Agustus hingga 31 Desember 2020. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata NTT, Wayan Darmawa dalam keterangan persnya.

"Kedelapan destinasi tersebut merupakan destinasi yang baru di NTT," akunya kepada media, Selasa, 4 Agustus 2020, Sore.

Diketahui nominasi tersebut mulai dari Se'i Provinsi NTT (API 1G) untuk Kategori Makanan Tradisional Terpopuler 2020. Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kota Kupang (API 5H) untuk kategori Destinasu Belanja Terpopuler 2020, Island Hoping Pulau Meko Kabupaten Flores Timur (API 8E) untuk Kategori Wisata Air Terpopuler 2020, Fulan Fehan Kabupaten Belu (API 10C) untuk Kategori Dataran Tinggi Terpopuler 2020 serta Situs Liang Bua Ruteng Kabupaten Manggarai (API 12F) untuk Kategori Situs Sejarah Terpopuler 2020.
Baca Juga
Kampung Adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua (API 13C) untuk Kategori Kampung Adat Terpopuler 2020, Pulau Semau Kabupaten Kupang (API 17I) untuk kategori Destinasi Baru Terpopuler 2020 dan Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao (API 18D) untuk Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler 2020.

Desitnasi wisata yang telah masuk nominasi API 2020 tersebut, dapat dipilih dengan cara voting melalui SMS ke nomor 99386.

Wayan mengajak seluruh masyarakat NTT baik yang ada di NTT maupun diaspora untuk mendukung NTT untuk menjadi juara dalam Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020. Ia menyerukan agar kejayaan di tahun 2016 menjadi juara umum pada ajang API 2020 dapat terulang kembali.

Kampung Adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua (API 13C) untuk Kategori Kampung Adat Terpopuler 2020/ Foto My Trip
"Mari kita bersama sama mengulang kejayaan tahun 2016, yaitu menjadi juara umum pada ajang API 2020 dengan cara melakukan vote serta membagikan di Whatsapp, Facebook dan Instagram," ajak Wayan.

Dalam daftar nominasi kali ini terdapat tiga tiga provinsi dari 34 provinsi di Indonesia yang menempatkan sebanyak 8 destinasi sebagai nominasi.

"Ketiganya adalah Provinsi NTT, Provinsi Daerah Istimewah Aceh dan provinsi Kepulauan Riau," bebernya.

Baca Juga

Menurutnya masuk 8 destinasi dalam nominasi tersebut membuktikan bahwa NTT dengan destinasi kelas dunia terbanyak di Indonesia. Di NTT kata dia masih terdapat begitu banyak destinasi wisata yang bisa diekslor.

"Di tahun 2020 telah menjadi tahun emas karena NTT masuk sebagai salah satu dari lima nominasi pariwisata terbaik, bersaing dengan Provinsi Jakarta, Jogjakarta, Riau dan Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur," kata dia.

Bacaan Pilihan




Eastjourneymagz.com- Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) memberlakukan tiga fase kunjungan wisatawan untuk mencegah membludaknya pengunjung di beberapa kawasan wisata.

 Fase pertama diberlakukan bagi wisatawan lokal dan diarahkan ke sejumlah destinasi wisata di luar Taman Nasional (TN) Komodo secara gratis.

Sementara fase kedua bagi wisatawan domestik, dan fase ketiga untuk wisatawan domestik serta wisatawan mancanegara.

Baca Juga

Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Barat Agustinus Rinus mengatakan untuk fase pertama yang  menerapkan tiket gratis diterapkan mulai 1 Juli sampai 31 Juli 2020.

Meski demikian kata dia, protokol bagi wisatawan tetap diberlakukan bagi wisatawan lokal dengan tujuan di luar TN Komodo. Diterapkan maksimal 50 persen serta waktu kunjungan dipersingkat.

Baca Lebih Lanjut

Post a Comment for "Delapan Destinasi Wisata NTT Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020"