Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 8 Destinasi Wisata NTT yang Masuk Nominasi API, Kamu Harus Memvote Agar NTT Juara

Atraksi dalam Festifal Fulan Fehan/Foto Spesial
Eastjourneymagz.com- Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata. Kalau boleh dibilang, NTT merupakan surganya tempat tujuan wisata bagi turis baik lokal, nasional hingga mancanegara.

Baru-baru ini wisata Nusa Tenggara Timur kembali masuk dalam Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. Ajang bergengsi ini berlangsung sejak 01 Agustus hingga 31 Desember 2020.

Keindahan NTT sebenarnya tidak diragukan lagi. Dua tahun silam tepatnya tahun 2016 NTT menempati posisi teratas mengalahkan puluhan provinsi yang lainnya di Indonesia. Kala itu NTT mendapatkan kejuaraan umum.

Untuk tahun ini NTT mempunyai 8 destinasi yang masuk dalam nominasi API. Selain NTT, Aceh dan Riau juga memiliki masing-masing 8 destinasi unggulan.

Berikut 8 destinasi yang menjadi sorotan dalam Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.
Baca Juga:
1. Daging Se'i
Daging Sei/ Foto DetikTravel
Daging Se'i merupakan kuliner khas NTT. Se'i sangat mudah ditemukan di kota Kupang, ibu kota Provinsi NTT. Daging yang lezat ini diproses melalui pengasapan di atas bara api. Diolah dari daging babi, sapi hingga ikan. Bentuknya panjang hingga 15 cm. Saat dimakan bisa diiris tipis ditemani dengan sambal super pedas dari cabai rawit dengan rasa jeruk nipis dan daun kemangi yang bikin ketagihan. Se'i Provinsi NTT (API 1G) masuk dalam "Kategori Makanan Tradisional Terpopuler 2020".

2. Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kota Kupang
Foto Tenun Ikan Ina Ndao/ Foto Spesial
NTT  itu adalah surganya tenun ikat. Hampir setiap suku yang menghuni di pulau-pulau di NTT memiliki karya tenun. Tentu saja satu dengan yang lainnya berbeda dan memiliki keunikan masing-masing terutama motif dan pemilihan warna. Kali ini Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kota Kupang (API 5H) masuk dalam daftar API untuk kategori Destinasu Belanja Terpopuler 2020.

3. Island Hoping Pulau Meko
Sumber Selatanindonesia.com
Orang Flotim menyebutnya Pasir Timbul Meko.Hal. Hal ini karena pasir bercorak pink yang timbul begitu saja di permukaan laut. Seolah-olah bentangan pasir sepanjang hampir 1 km tersebut dilukis begitu saja di permukaan laut itu. Hamparan pasir untuk tidak menyebutnya sebua pulau mungil dihiasi biru laut dan pulau-pulau khas flores timur di sekitarnya. Sementara tidak ada riak ombak yang bercanda dengan hamparan pasir itu. Hamparan pasir yang indah atau Island Hoping Pulau Meko Kabupaten Flores Timur (API 8E) masuk nomonasi API untuk Kategori Wisata Air Terpopuler 2020.
Baca Juga:
4. Fulan Fehan 
Festival Fulan Fehan - kemenpar.go.id
Fulan Fehan sebuah dataran tinggi dikelilingi hamparan padang khas NTT. Sapi-sapi dan kuda-kuda yang merumput sekitar kaki bukit itu bisa ditemui dalam perjalanan ke sana. Dicapai dengan menempuh jark 42 km dari kota Atambua. Di sana terdapat kaktus, Benteng Kikit Gewen, benteng para Meo, atau benteng 7 lapis tempat para raja-raja berkumpul, di sini juga ada makam raja pertama, raja Dirun. Fulan Fehan Kabupaten Belu (API 10C) masuk dalam nominasi API untuk Kategori Dataran Tinggi Terpopuler 2020.

5. Situs Liang Bua

Liang Bua merupakan salah satu dari banyak gua karst di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Gua ini merupakan tempat penemuan makhluk mirip manusia (homonin) baru yakni Homo Floresiensis atau manusia Flores pada tahun 2001. Gua ini terletak di Dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Situs Liang Bua Ruteng Kabupaten Manggarai (API 12F) masuk dalam nominasi API untuk Kategori Situs Sejarah Terpopuler 2020.

6. Kampung Adat Namata
Photo by MyTrip
Ada di pulau Sabu, NTT, menampilkan pesona megalitik di wilayah adat Habba yang tidak bisa ditemukan di manapun di dunia. Hanya di sini, di di Desa Raeloro, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua. Bertemu dengan para pemangku adat yang dikenal dengan Mone Ama.
Kampung Adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua (API 13C) masuk dalam nominasi API untuk Kategori Kampung Adat Terpopuler 2020.
Baca Juga
7. Pulau Semau 
Photo by JejakPiknik.com

Pulau Semau memiliki keindahan pantai dengan ciri khas pasir putih dibubuhi sepanjang bibir pantai. Terletak di perairan sebelah barat Pulau Timor, sebelah Barat Kota Kupang. Pulau ini baru terkenal dan mulai ramai dikunjungi oleh para pelancong dari seluruh penjuru dunia. Pulau Semau Kabupaten Kupang (API 17I) masuk dalam nominasi API untuk kategori Destinasi Baru Terpopuler 2020.

8.Mulut Seribu
Sumber Kompas
Terletak Papela, Pulau Rote, Rote Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Memiliki gugusan pulau dengan khas tebing yang dibentuk begitu indah dengan proses yang alami. Melintasi tebing-tebing dengan perahu kaya memiliki daya tarik sendiri. Merasakan sensasi mulut-mulut tebing yang sedang terbuka sehingga di sebut mulut seribu. Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao (API 18D) masuk dalam nominasi API untuk Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler 2020.
Baca Juga:

Post a Comment for "Ini 8 Destinasi Wisata NTT yang Masuk Nominasi API, Kamu Harus Memvote Agar NTT Juara"