Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vox Point Indonesia Surati Jokowi agar Segera Membuka Dialog Terkait Otsus Papua

Eastjourneymagz.com-Ormas Katolik Vox Point Indonesia menyurati Jokowi untuk membuka dialog inklusif  dengan masyarakat Papua terkait rencana Otonomi Khusus (Otsus) jilid II di tanah Papua. Dalam salinan surat tersebut Vox Point Indonesia juga menuntut agar pemerintah pusat mengevaluasi Otsus jilid I yang dinilai gagal membangun Papua

Kepada Eastjourneymagz.com, Sekjen Vox Point Indonesia, Ervanus Ridwan Tou membenarkan pihaknya telah mengirimkan surat Nomor:  079/Eks/DPN/VIII/2020  kepada Istana. Menurutnya surat yang diterima Menteri Sekretaris Negara, Pratikno berisi keprihatinan pihaknya terhadap persoalan Papua.
Baca Juga
“Kami (Vox Point Indonesia) telah mengirimkan surat ke Presiden Jokowi terkait Papua. Terdapat empat tuntutan kami agar segera menjadi perhatian istana dan menegaskan untuk menuntaskan persoalan di Papua,” kata Ervanus Tou, Kamis 14 Agustus 2020.

Vox Point Indonesia dalam surat tersebut mengungkapkan pelaksanaan UU Otonomi Khusus Papua yang sudah berjalan sejak tahun 2001 sampai saat ini, dinilai gagal dan tidak bermanfaat oleh berbagai kalangan.

“Masyarakat Asli Papua sendiri menilai Otsus Jilid 1 tidak memberikan banyak manfaat bagi kebaikan dan kesejahteraan Masyarakat Asli Papua pada umumnya, terutama dalam mengelola wilayah Papua secara politik, ekonomi dan budaya,”  bunyi surat itu.

Organisasi yang dinahkodai oleh Yohanes Handojo Budhisedjati meminta agar membangun Dialog Inklusif antara Pemerintah Pusat dan Masyarakat Asli Papua untuk mengevaluasi secara menyeluruh atas pelaksanaan Otonomi Khusus selama ini.
 Baca Juga

“Evaluasi mendesak untuk dilakukan sebelum direncanakan akan diperpanjang Otonomi Khusus "Jilid Dua" di Tanah Papua,” kata surat yang tertanggal 5 Agustus 2020 tersebut.

Lebih lanjut organisasi yang memiliki tagline mengembangkan nilai-nilai kebangsaan ini membeberkan diperlukan pemaknaan baru yang lebih komprehensif mengenai Otonomi Khusus Papua, dimana Otonomi Khusus tidak hanya diukur dalam batas dan situasi penyaluran dana triliunan rupiah, tetapi lebih kepada sentuhan kemanusiaan.

“Hal ini berkenaan dengan harga diri Masyarakat Asli Papua sebagai manusia yang bermartabat, dan memiliki hak untuk hidup di tanah Papua sebagai tempat warisan para leluhurnya,”

“Diperlukan penyelesaian masalah pelanggaran HAM di Papua pada masa lalu, dan penyelesaian konflik di masa kini yang dipicu oleh sejumlah hal, termasuk penghentian kekerasan dan penyelesaian masalah diskriminasi rasial,” tutup surat itu.
Baca Juga
Foto Spesial

Eastjourneymagz.com- Selandia Baru memiliki keajaiban alam yang luar biasa. Keindahan ini lah yang menarik perhatian turis dari berbagai belahan dunia dan mendatangi destinasi di tempat ini.

Di Slandia Baru terdapat Goa alam yang memukau yakni Waitomo Glowworm Caves, Ruakuri Cave dan Aranui Cave. Yang paling menarik dari ketigahnya itu Glowworm Caves di Waitomo dengan kunikannya yaitu cacing yang bisa mengeluarkan cahaya.

Turis selalu memadati tempat ini memburu gua yang jaraknya adalah 200 km dari Auckland . Dapat ditempuh dengan mobil selama dua jam lebih dari kota itu.
Baca Juga
Waitomo Glowworm  Caves diketahui keberadaannya pertama kali pertama kali dijelajahi tahun 1887. Saat itu Fred Mace dari Inggris dan kepala suku Maori setempat Tane Tinorau memasuki bibir gua itu.

Bermodalkan rakit mereka mulai menjelajah gua itu. Mereka mengikuti aliran sungai menembusi 

Post a Comment for "Vox Point Indonesia Surati Jokowi agar Segera Membuka Dialog Terkait Otsus Papua"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat