Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Gunung Bromo dibuka Akhir Agustus, Menyusul Setelahnya Gunung Sumeru

Gunung Bromo/ Foto Detik Travel
Eastjourneymagz.com- Wisata Gunung Bromo, Jawa Timur, dibuka pada akhir Agustus setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta surat rekomendasi dari empat pemerintah daerah yang berbatasan dengan wilayah Bromo. Rencananya tempa wisata yang dikelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) dibuka pada 28 Agustus 2020.

Kepala BB-TNBTS, John Kennedie kepada wartawan menjelaskan menteri KLKH, Siti Nurbaya Bakar menyetujui pembukaan Bromo. Pembukaan tersebut dilakukan setelah wisata gunung ini ditutup selama masa pandemi covid 19.
Baca Juga
"Dapat persetujuan Bu Menteri, untuk membuka secara bertahap Bromo, dan ada edaran Dirjen untuk tata cara dan persyaratan pembukaan," kata dia, Selasa, (25/8) "Kita sudah melakukan sosialisasi, menyusun SOP bersama empat pemerintah daerah," imbuhny.

Ia menjelaskan pembukaan tersebut dilakukan secara bertahap dengan diberlakukannya kuota 20 persen dari jumlah tampung wisatawan. Meski demikian ia mengakui, akan ada penambahan setelah nantinya akan dilakukan evaluasi.

"Baru 20 persen. Nanti setiap minggu akan kita adakan evaluasi terhadap pembukaan Bromo ini. Begitu aman, tidak ada klaster baru, akan bertahap kita tambah. 20 menjadi 30, jadi 40, dan 50 persen," kata John.
Baca Juga:
Ia menambahkan akan diberlakukannya prosedur standard protokol kesehatan covid-19 secara ketat bagi para pengunjung.

Menurutnya pihaknya juga akan membuka membuka kembali pendakian ke Gunung Semeru dua pekan setelah pembukaan gunung bromo. Namun keputusan ini masih melihat perkembangan dari situasi selama wisata Gunung Bromo dibuka.

"Dalam satu minggu ini kita lihat dahulu pembukaan Bromo, dan kita akan membersihkan jalur-jalur menuju pendakian Semeru. Mudah-mudahan tidak ada klaster baru," tutupnya.
Baca Juga

Post a Comment for "Wisata Gunung Bromo dibuka Akhir Agustus, Menyusul Setelahnya Gunung Sumeru"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat