Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belasan Objek Wisata di Pasuruan dibuka Kembali


Wahana wisata Bromo (Sumber Yuk Pigi)
Eastjourneymagz.com- Setelah  lulus verifikasi dalam penerapan protokoler kesehatan belasan obyek wisata di Kabupaten Pasuruan resmi dibuka kembali. Sekretaris Disparbud Kabupaten Pasuruan, Gunawan Wicaksono kepada media menjelaskan penambahan jumlah objek wisata untuk mendapatkan sertifikat terus dilakukan.

"Sebelumnya, baru ada sekitar sembilan obyek wisata yang bisa kembali beroperasi di tengah pandemi," kata dia kepada wartawan.

Ia menambahkan terdapat penambahan 5 lagi menjadi 14 obyek wisata. Menurutnya obyek wisata tersebut dianggap layak melakukan operasi kembali.

"Karena dianggap memenuhi syarat, dengan penerapan protokoler kesehatannya yang memadai, sehingga bisa beroperasi kembali, kata Gunawan.

Ia menambahkan penilaian tersebut meliputi tersedianya tempat cuci tangan, menyiapkan thermogun untuk mengukur suhu. Hal itu sesuai dengan persyaratan protokoler covid 19.

"Beberapa persyaratan lain, yang harus dipenuhi, untuk bisa dianggap layak beroperasi kembali," bebernya.

Ia menegaskan , pemantauan tetap akan dilakukan meski sudah mengantongi sertifikasi. Langkah ini diperlukan, untuk memastikan, penerapan protokoler kesehatan tersebut, benar-benar dijalankan atau tidak.

“Tentunya, kami akan terus melakukan pemantauan di tempat wisata yang sudah mendapatkan sertifikat tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, pengelola wahana wisata yang lain kata dia sedang berusaha untuk melakukan pengajuan sertifikasi sehigga dapat beroperasi kembali.

Pihaknya belum bisa memberikan serifikasi tersebut mengingat berbagai pertimbangan termasuk syarat yang belum dipenuhi tempat wisata tersebut.

"Selain ada yang belum memenuhi persyaratan, juga dikarenakan masih menunggu agenda survey lanjutan,” beber dia.

Kegiatan survey tersebut tidak dilakukan hanya oleh Disparbud. Tetapi juga, tim gugus tugas. Baik dari kepolisian ataupun TNI yang dilibatkan.

Adapun belasan wahana wisata yang sudah mengantongi sertifikasi layak beroperasi kembali itu, seperti TSI II Prigen, Cimory Dairy Land, Telogo Sewu, Taman Ria Suropati, Saygon Waterpark, Kebun Kurma, Kebun Pak Budi, Kaliandra Sejati, Ari Terjun Kakek Bodo, Kebun Raya Purwodadi, Wisata Negeri Bambu, Red Flower, Bromo Forest serta Wisata Ngopi Bareng Pintu Langit. Sementara yang dikelola pemerintah, ada Ranu Grati.

Post a Comment for "Belasan Objek Wisata di Pasuruan dibuka Kembali"