Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Walaupun Kamu Merantau Tetaplah Menjaga Adat dan Budayamu


Kelompok adat/ Foto Istimewa

Perantau memang akan menghadapi kenyataan untuk meninggal tempat adat istiadat itu disemai. Akan tetapi perlu disadari adat istiadat itu telah tumbuh di dalam jiwa seorang perantau dan bisa dibawa kemana saja ia akan pergi. 

Eastjourneymagz.com--Indonesia adalah negeri selaksa adat istiadat. Di negeri ini tumbuh adat istiadat yang menjadi kekayaan Indonesia. Adat istiadat yang berlimpah inilah yang membedakan Indonesia dengan negeri yang lain.

Di dalam masyarakat adat, leluhur selalu memberikan wejangan untuk terus mempertahankan adat kemanapun pergi. Hal itu juga mesti dilakukan Ketika meranta.

Saat kampung halaman ditinggalkan dan akan menuju tempat baru, adat istiadat tidak boleh ditinggalkan. Biasanya tua-tua adat akan memberikan petuah kepada seorang perantau untuk tidak meninggalkan atau melupakan adat saat memasuki negeri rantau. 

Baca Juga: Daripada Pangku Kaki Saja, Mari Belajar dari Sang Gembala Babi dari NTT yang Omzetnya Hingga Miliaran    

Hal yang paling dikhwatirkan pada umumnya adat pudarnya adat tersebut terutama bagi kelompok perantau. Saat merantau seseorang akan pergi menuju dan bergabung bersama identitas (adat) lain di luarnya.

Misalnya seorang dengan adat Dayak masuk ke lingkungan adat Melayu, seorang berlatarbelakang adat Papua masuk ke dalam lingkungan adat Jawa.

Memang benar bahwa di mana langit di junjung, di situ bumi dipijak. Akan tetapi petuah yang bijak ini tak berarti kita mesti meninggalkan adat istiadat kita saat beranjak ke negeri rantau.

Perantau memang akan menghadapi kenyataan untuk meninggal tempat adat istiadat itu disemai. Akan tetapi perlu disadari adat istiadat itu telah tumbuh di dalam jiwa seorang perantau dan bisa dibawa kemana saja ia akan pergi.  


Baca Juga: Ini Dia Bangunan yang Pernah di Kirim Melalui Kantor Pos    

Kekhwatiran akan pudarnya adat istiadat di negeri rantau memang perlu akan tetapi itu bisa ditolong oleh kelompok atau komunitas-komunitas yang tetap menjaga adat istiadat itu di negeri rantau.

Biasanya hadirnya komunitas-komunitas yang bersifat kedaerahan . Di dalam komunitas itu adat-istiadat hidup kembali di negeri rantau. Beberapa komunitas memang sering membuat ritual adat, festival dan berbagai acara yang bernuansa adat istiadat di negeri rantau.

Berbagai acara baik itu pertunjukan seni, diskusi, bahkan kelompok arisan kedaerahan sangat membantu untuk menyegarkan kembali adat istiadat.

Masuk dan terlibat di dalam kelompok seperti itu sangat diperlukan. Tidak boleh menutup diri dan jangan pernah menganggap remeh terhadap komunitas-komunitas adat di negeri rantau.

Ini adalah cara yang terbaik untuk merawat ingatan akan adat istiadat.

Baca Juga: Pegunungan Tianzi -China, Pegunungan Avatar     


Post a Comment for "Walaupun Kamu Merantau Tetaplah Menjaga Adat dan Budayamu"