Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati-Hati Penipuan Tiket Pesawat Online, Ini Cara Menghindarinya Saat Mau Bepergian

Eastjourneymagz.com-Saat mau bepergian tidak sedikit orang yang terjebak di dengan penipuan atas penawaran tiket yang dilakukan oleh oknum yang bertanggungjawab.

Apalagi saat ini dilakukan serba virtual sehingga tidak ada tatap muka dengan si penjual tiket. Sementara itu pelaku kejahatan memanfaatkan media virtual ini untuk mencari mangsanya.

Alih-alih tiket yang didapatkan, perjalanan anda bahkan menjadi berantakan bahkan batal gara-gara terbuai dengan rayuan si pencuri. Yang terjadi hanyalah penyesalan yang tidak berguna.

Seorang teman saya pernah melakukan curhat di sebuah group traveling dan wisata Facebook. Ia terpaksa membatalkan perjalananya ke luar negeri karena ditipu oleh oknum yang mengatasnamakan biro wisata.

Baca Juga: Ini 7 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi 

Teman saya ternyata terbuai dengan penawaran tiket yang harga murah dengan potongan diskon 30 hingga 40 present. Bayangkan kalau tiket pesawatnya Rp.12.000.000 maka harga yang harus dibayarkan ke oknum tadi sekitar Rp.3.600.000-4.800.000. Siapa yang tidak tergiur dengan harga yang dibandrol seperti ini.

Tidak sedikit juga yang mengaku dan curhat bahwa diri mereka tidak hanya terbuai tetapi dihipnotis oleh pelaku. Dengan demikian bukan hanya uang tiket yang diplorot bahkan berkali-kali lipat dari harga tiker. Kan sialan!

Bukan Apes Tapi Emang Dibegoin

Beberapa rekan saat mendengarkan curhat tersebut langsung mengutarakan bahwa yang bego adalah si pembeli tiket. Alih-alih membela si pelaku, malah nyalahin teman sendiri yang kurang beruntung tersebut. “Masa harga segitu mau aja, gak mikir apa, kan bego!” Tapi ada benarnya juga sih, harusnya di check dulu harga segitu wajar gak? Apalagi si penawar bilang bahwa itu tiket khusus atau spesial. Meski demikian, lucunya ada banyak yang sering ditimpa peristiwa yang sama. Nah kalau ini emang, udah keterlaluan.

Baca Juga: Ini Dia Bangunan yang Pernah di Kirim Melalui Kantor Pos 

Carilah Biro/Agent Perjalanan yang namanya udah beken

Biro perjalanan yang menawarkan tiket pesawat, kereta api, bus dan kapal laut hingga hotel sangat banyak. Banyak juga modus penipuan pesawat atau tiket murah instagram, facebook hingga twiter. Oleh karena itu pilihlah agen yang memiliki reputasi yang baik dan kredibel juga ada banyak diantaranya 

Bila Ada Biro/Agent baru

Ada oknum yang mengaku agent perjalanan yang baru. Maka alangkah lebih baiknya check terlebih dahulu kredibilitasnya. Jangan menjadi korban baru memberitakan ke orang-orang sekitar. Google merupakan mesin pencarian yang sederhana minimal yang membantu anda pertama kali. 

Baca Juga: Ini Deretan Artis yang Mengenakan Kain Tenun Manggarai

Mengatasnamakan Agent yang Kredibel

Oknum juga biasanya mengaku berasal dari agent kredibel dengan trick bahasanya yang memikat hati maka anda bisa saja kepincut. Oleh karena itu alangkah lebih baik hubungi langsung biro wisata tersebut. Misalnya menghubungi Tiket.com secara langsung. Selain itu bila anda melakukan proses transaksi (ATM, SMS, Online) periksa terlebih dahulu nomor rekening atau no accountnya. Jika itu adalah rekening pribadi, jangan teruskan transaksi anda. Seharunnya yang dipakai adalah no rekening atau akun perusahaan. Anda sebenarnya sudah menjadi incaran pelaku.

Jangan Terbuai dengan Diskon-Diskonan

Siapapun pasti tertarik dengan penawaran diskon yang murah. Bila perlu gratis! Dalam kondisi ini dengan cepat jari anda menekan tombol ok. Biro perjalanan yang kredibel juga menawarkan diskon sehingga yang perlu dilakukan adalah membaca terlebih dahulu berbagai informasi tentang diskon tersebut. Jangan sampai itu adalah jebakan bagi anda. Penawaran Diskon, Murah dan harga terjangkau ini memang menjadi modus pelaku. Selain itu ada juga penawaran fasilitas yang lebih bagi klien sehingga membuat klien tergiur. Dalam hal ini anda harus lebih hati-hati sebelum melakukan tindakan.

Baca Juga: Dengan Paket Snorkling Murah, Anda Bisa Nikmati Keindahan Gili Ketapang Probolinggo 

 

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Hati-Hati Penipuan Tiket Pesawat Online, Ini Cara Menghindarinya Saat Mau Bepergian"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat