Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Maradona, Gol Tangan Tuhan yang Telah Dipanggil Tuhan

Diego Maradona/ Foto CBS Sports

Eastjourneymagz.com—Kepergian Diego Maradona pada Rabu (25/11) kemarin membuat seluruh pecinta bola berkabung. Negara asalnya Argentina menetapkan tiga hari berkabung nasional untuk menghormati putra terbaik mereka itu.

Presiden Argentina Alberto Fernandez mengumumkan langsung kepada publik Argentina atas meninggalnya Diego Maradona. "Kamu membawa kami ke tempat tertinggi di dunia. Kamu membuat kami luar biasa bahagia. Kamu adalah yang terbaik dari semua. Terima kasih telah hadir, Diego. Kami akan merindukanmu di sisa hidup kami," tulis Presiden Argentina sembari mengunggah foto bersama Maradona.

Kepergian Maradona sekaligus membawa Gol Tangan Tuhan kepada Tuhannya. Gol ini bahkan menjadi sejarah di dalam dunia sepak bola. Hal itu dikemukakannya dalam buku Touched by God: How We Won the Mexico '86 World Cup yang terbit pada 2017.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri

Gol yang membuat timnas Inggris tidak berkutik dengan skor 2-1 pada Piala Dunia 1986. Gol Tangan Tuhan itu bisa disaksikan kembali dalam cuplikan di Youtube yang sangat jelas.

Sebelum melakukan Gol Tangan Tuhan itu, ia sempat melewati beberapa pemain. Lalu ia mengoper bola kepada rekan setimnya sebelum bola itu kembali kepadanya dengan umpan layang. Maradona memanfaatkan waktu untuk menjulurkan tanganya dengan kilat agar kiper Inggris, Peter Shelton tidak merebut bola itu.

Alhasil ia sukses menjebol Gawang Peter Shelton tanpa peringatan hand ball dari wasit yang turut tertipu saat itu. Dalam video yang bisa ditonton di youtube, timnas Inggris melakukan protes terhadap wasit, namun gol itu tetap disahkan oleh wasit.

Baca Juga: Pegunungan Tianzi -China, Pegunungan Avatar

Kala itu memang tidak ada Video Assistant Referee atau VAR yang merupakan asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan. Mungkin ini juga yang bisa menjadi peletak dasar diciptakannya tekhnologi VAR di dunia “perbolaan” ini.


"Sedikit dengan kepala Maradona dan sedikit dengan tangan Tuhan," kata Maradona dikutib dari NBC mengomentari Gol Tangan Tuhan yang menjadi kontroversi di dunia sepak bola kala itu.

Argentina memboyong piala yang sangat bergengsi itu berkat Maradona dan Gol Tangan Tuhannya. Diego Maradona yang sangat hebat dengan tiki-takanya bahkan akan selalu dikenang soal Gol Tangan Tuhannya itu. Semenjak ia gantung sepatu tahun 1997, namanya tetap harum hingga kini.

Diketahui Diego Maradona menghembuskan nafas terakhir karena ada gumpalan darah di otak. Ia sempat dioperasi sebelumnya akan tetapi tidak menolong kondisi kesehatannya. Legenda bola dunia itu meninggal dunia pada usia yang ke 60. Selamat Jalan Diego Maradona.

Artikel Pilihan

   

 

 

Post a Comment for "Maradona, Gol Tangan Tuhan yang Telah Dipanggil Tuhan"