Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Uniknya Tradisi Lompat Bayi di Spanyol, Menegangkan!

Eastjourneymagz.com-Bagaimana jika bayi-bayi yang berusia kurang dari setengah tahun di letakan di tengah jalan, lalu seseorang melompat di atas mereka?

Hal ini tentu saja rasa ngilu dan menakutkan karena takut anak-anak itu ditimpa oleh badan orang yang melompat di atas mereka.

Di Castrillo de Murcia, desa yang terletak di Spanyol bagian utara ini terdapat tradisi unik melompat di atas tubuh bayi. 

Baca Juga: Tradisi Mallanca, Tradisi Adu Betis yang hanya ada di Sulawesi Selatan
 

Tradisi ini disebut El-Colacho merupakan kebiasaan warga setempat untuk menyucikan bayi. Soal ritual penyucian bayi ini biasanya selalu ada dalam setiap tradisi, akan tetapi ini tampak ekstrim dan berbahaya.

Warga setempat menyebut tradisi ini El-Colacho. Ritual ini merupakan upacara suci yang dilakukan sejak tahun 1620. El-Colacho diyakini sejajar dengan upacara babtis yang melepas bayi dari dosa.

Tradisi ini berlangsung setiap tahun dengan perhitungan 60 hari setelah paskah. Biasanya jatuh pada bulan Juni dan dijalankan setiap hari Minggu.

Upacara suci melompati bayi yang diadakan setiap pertengahan Juni ini sebagai bentuk pengusiran roh-roh jahat dan berbagai penyakit agar bayi-bayi itu tumbuh menjadi kuat dan sehat.

Baca Juga: Uniknya Pantai Merah di China, Ternyata ditumbuhi Tanaman ini 

Bagaimana acara itu digelar? Bayi-bayi yang mungil dan masih berusia setengah tahun akan di bawa oleh orang tua mereka masing-masing. Sebuah kasur di tengah jalan sedang menunggu mereka.

Bayi-bayi itu akan diletakkan di tengah jalan dibaringkan di atas kasur. Orang tua bayi-bayi itu hanya menatap dari untuk menyaksikan prosesi penyucian bayi itu.

Setelahnya, beberapa pria yang berkostum kuning bercampur merah dengan cambuk di tangan mendekati bayi-bayi itu. Mereka memakai topeng di wajah dan perlahan-lahan berlari.

Saat yang sangat memacu menegangkan, pria-pria berkostum itu mendekati tubuh bayi-bayi tersebut dan melompati bayi-bayi tersebut.

Para pria yang melompat dengan cambuk di tangan tersebut sebagai simbol iblis.

Setelah para pria tersebut melompat, giliran orang tua para bayi datang mendekati buah hati mereka dan menaburkan mawar kepada bayi-bayi yang telah disucikan itu.

Setiap tahun, upacara ini menjadi incaran para turis baik dalam negeri maupun mancanegara. Mereka ingin menyaksikan lebih dekat momen kebahagiaan bayi-bayi di Castrillo de Murcia, Spanyol ini.

Artikel Pilihan

 
 
 

 

 

Post a Comment for "Uniknya Tradisi Lompat Bayi di Spanyol, Menegangkan!"