Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menabung untuk Traveling, Ayo Sekarang Waktunya, Bahkan Untuk Ke Eropa

Menabung untuk traveling/foto ilustrasi

Eastjourneymagz.com—Mendengar cerita traveling memang seru. Apalagi si pencerita mengisahkan tempat-tempat baru yang dia kunjungi, bikin ngiri. Belum lagi kalau cerita itu dibumbuin rasanya, SAPI Banget.

Tak hanya mendengar cerita, sekarang bermodalkan HP aja, bisa melihat tempat-tempat yang indah di dunia melalui siaran Youtube. Ada Maladewa, New Zealand, Keliling-Keliling Eropa, Amerika, Australia dan banyak lagi.

Itu belum termasuk di dalam negeri yang tak kalah dengan pemandangannya yang begitu indah. Dari Sabang sampai Merauke tempat-tempatnya indah-indah dan bikin betah.

Baca Juga: Rumah Teletubbies di Sleman Yogyakarta Pilihan Tempat Berlibur yang Unik  

Nah, Jika punya hobby Traveling sejauh apapun tempat itu pasti bisa diraih. Ya, tapi tidak ada uang. Ini memang menjadi alasan umum. Semua orang tentu saja punya keinginan berkeliling dunia.

Semua juga tau berkeliling dunia tidak pakai daun atau tikar ajaib seperti kisah Aladdin. Ada daftar akomodasi: hotel, uang sekali makan.

Kisah Sana Asyuni: Menabung 20 Ribu Sehari untuk Ke Korsel

Korea Selata/Foto Detiktravel

Ada kisah inspiratif ni, tentang ulet menabung yang bisa membiayai traveling ke Luar Negeri. Dilansir dari Liputan6.com seorang perempuan bernama Sana Asyuni yang mewujudkan impiannya setelah ia menabung untuk ke Korea Selatan.

Bayangkan Ia rela-rela menabung Rp20 ribu sehari untuk mengunjungi “opa-opa” yang selama ini hanya dia temukan di layar kaca. Ia mengungkapkan kisah inspiratifnya tersebut dengan mengunggahnya di di akun TikTok miliknya yaitu @sanaaaayaaa.

Untuk mewujudkan impiannya tersebut, ia juga meminta ibunya untuk mempekerjakan dirinya di restoran milik mereka. Ia meminta kepada sang ibu untuk tidak mengerjakan pegawai baru akan tetapi diganti oleh dirinya.

Sang ibu setuju dan dari pekerjanya tersebut ia menyisihkan penghasilannya setiap hari. Ia menjadi pelayan di sana mulai dari cuci piring hingga melayani setiap tamu.

Dari kisahnya itu, ia menabung RP 10 Ribu hingga 20 Ribu sehari. Menurut Sana hal itu tidak muda karena ia harus berlawanan dengan hobinya yang suka ngemil atau jajan.

Dalam waktu kurang lebih 2 tahun ia berhasil menabung banyak uang. Ia tidak menyebut rincian uang yang ditabungnya akan tetapi cukup untuk kebutuhan perjalannya.

Ia menceritakan pada awalnya uang tersebut digunakan untuk mengikuti konser. Namun setelah dipikir-pikir uangnya cukup untuk melakukan perjalanan yang jauh.

Tergoda oleh ajakan kakaknya untuk jalan-jalan di Korea akhirnya Sana berangkat. Mereka berangkat pada Desember 2020 lalu dan menikmati banyak tempat yang mereka kunjungi di Korea Selatan. Salah satunya adalah SMTown Coex Artium yang berlokasi di distrik Gangnam, Seoul.

Sana juga mengunggah perjalanannya yang menginsipirasi tersebut pada 1 Desember 2020 tahun kemarin.

Bagaimana Menabung

Ada perasaan umum yang seringkali dialami setiap orang yakni ketika memiliki sedikit uang, sama saja saat memiliki banyak uang. Itu berarti kondisi keuangan tidak terkendali.

Ketika memiliki banyak uang, banyak sekali kebutuhan yang tiba-tiba datang bagai tamu tak diundang. Giliran uang menipis baru muncul penyesalan. Yah penyesalan memang selalu datang terlambat.

Mungkin inilah saat yang tepat untuk memikirkan kembali tujuan-tujuan pengeluaran yang dimiliki. Artinya pengeluaran itu dilakukan untuk tujuan yang penting yang ingin dicapai. Hal ini menimbulkan obsesi dan membangkitkan kontrol di dalam diri terutama soal keuangan.

Pertama letakkan tujuan terlebih dahulu. Dalam pembahasan ini tujuannya adalah traveling. So, fokuskan ke traveling dan sisihkan uang untuk traveling. Mulai dengan jadwal keberangkatan dan pastikan bisa mengumpulkan uang sesuai dengan target sebelum waktu tersebut.

Baca Juga: Delapan Film yang Berlatar Belakang Alam NTT yang Booming di Bioskop

Seperti pengalaman Sana ada memang pengorbanan yang hendak dilakukan. Entah pada akhirnya uang tersebut ditabung di Bank, Asuransi, cicil atau kredit langsung di biro perjalanan dan sebagainya. Tetapi yang pertama adalah upaya kontrol keuangan.

Sana misalnya memiliki masalah dengan jajan alias ngemil. Ia memutuskan untuk mengurangi ngemil dan menabung uang tersebut Rp.10 rb hingga Rp.20 rb sehari.

Untuk Penggemar Kopi misalnya, perlu kurangi minum kopi dan uangnya untuk menabung. Jika terbiasa 2 gelas sehari di Starbucks cobalah kurangi atau malah tidak sama sekali. Kalau di hitung-hitung harga segelas di atas Rp.15 rb kalikan saja dengan 2 gelas bisa lebih dari Rp.30 rb. Coba tabung uang tersebut.

Begitu juga dengan kebiasaan merokok, belanja sepatu, topi atau bahkan cokelat hingga tiket nonton bioskop. Bayangkan jika semua itu didiet ketat dan uangnya untuk ditabung. Anda pasti bisa berkeliling dunia.

Artikel Pilihan

 


 
 
 

 

Post a Comment for "Menabung untuk Traveling, Ayo Sekarang Waktunya, Bahkan Untuk Ke Eropa"