Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumah Teletubbies di Sleman Yogyakarta Pilihan Tempat Berlibur yang Unik

Teletubbies/ sumber © Tous droits réservés

Eastjourneymagz.com—Bila memasuki Desa Ngelepen, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta jangan pernah kaget. Rumah-rumah warga di tempat ini memang beda dari tempat lain di dunia.

Bentuk hunian tersebut mengingatkan akan desain rumah Teletubbies yang dihuni empat makhluk yang menggemaskan Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po. Tidak ada atap rumah seperti rumah pada umumnya yang memiliki seng dan genteng.

Di sini rumah berbentuk kubah dengan atap dan dinding yang tebal dan keras. Tidak ada batas khusus antara dingin dan langit-langit. Rumah ini disebut rumah dome dengan desain tahan gempa selain itu tahan terhadap api dan angin. Warga setempat menyematkan desa mereka sebagai “New Nglepen Village”.

Baca Juga: Lahir Tanpa Lengan dan Kaki, Nick Vujicic Ajarkan Jadi Pribadi yang Sukses dan Pantang Menyerah. 

Konstruksi rumah dome dibuat dari campuran Selulosa dan ekspanded expanded polystyrene. Dibangunnya rumah dome di kawasan Ngelepen berhubungan dengan gempa yang mengguncang Yogyakarta pada September tahun 2006. 

Sumber Liputan6.com/jihanbank/instagram.com

Kala itu kawasan tersebut luluh lantah oleh amukan gempa. Rumah-rumah rusak parah, kebun dan ternak warga setempat juga ikut hancur. Lokasi desa Ngelepen memang kurang beruntung karena letaknya tepat di Caesar Opak dimana merupakan garis imajiner saluran gempa yang membelah pulau Jawa.

Melihat kondisi yang memprihatinkan tersebut pada tahun yang sama LSM WANGO (World Association of Non-Governmental Organization) dan DFTW (Domes for The World Foundation) mengajak masyarakat setempat untuk dibangunkan rumah dome. 

Baca Juga:  Ini Spot yang Paling Diincar di Puru Kambera Sumba, Mirip Australia hingga Afrika

Warga setempat sepakat dengan proyek tersebut hingga mengerjakan 80 bangunan dengan rincian 71 unit rumah hunian, 6 MCK untuk umum, dan 3 fasilitas umum yakni musala, aula, dan poliklinik.

Warga Ngelepen antusias dengan proyek tersebut dan menjadi yang paling beruntung karena hanya mereka saja yang mendapatkan bantuan tersebut di Asia Tenggara. Beberapa negara yang lain juga turut mendapatkan rumah Domes tersebut yakni India, Etiopia, Haiti dan Belize.

Sumber Wikipedia

Kini kawasan tersebut sudah dikenal oleh masyarakat luas karena rumah-rumah dome yang unik tersebut. Pada tahun 2009 Dinas Pariwisata setempat menyadari potensi wisata di desa tersebut.

Karena itu warga setempat juga terbuka bagi mereka yang berasal dari luar dan penasaran dengan kehadiran rumah dome. Lokasi desa yang terdiri dari puluhan rumah Teletubbies mengundang turis untuk datang ke tempat ini.

Bersama dengan pemerintah, masyarakat setempat mengelola wisata rumah Dome. Rumah-rumah tersebut kemudian diwarna-warni sehingga mempercantik suasana. Berbagai fasilitas dan wahana dibangun, selain itu terdapat juga paket wisata membuat para pelancong nyaman datang ke tempat ini.

Masyarakat setempat menyediakan home stay bagi pengunjung dengan bayaran yang tidak terlalu mahal. Ada juga lokasi out bond, mendapat hiburan dan swafoto dengan Teletubbies, paket mengelilingi desa, edukasi pelatihan mitigasi bencana hingga melihat proses pembuatan emping Garut.

Keramahan masyarakat setempat juga menjadi kisah tersendiri di New Nglepen Village. Pengunjung juga bisa menginap di tempat ini. Di sana sudah disediakan rumah dome bagi siapapun yang mampir ke tempat ini.


Artikel Pilihan

 
 
 

Post a Comment for "Rumah Teletubbies di Sleman Yogyakarta Pilihan Tempat Berlibur yang Unik"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat