Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teka-Teki Garis Nazca di Peru, yang Dibuat Ribuan Tahun Lalu

Nazca Lines/ Foto S.spiegel

Eastjourneymagz.com—Peru menyimpan sebuah peradaban kuno yang telah dibuat ribuan tahun lalu. Di sebuah hamparan gurun dinding lereng bukit di Peru tersimpan garis-garis misterius yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Tempat itu adalah Nazca Lines atau garis Nazca yang membuat siapapun akan takjub terhisap oleh lukisan kuno tersebut. Nazca Lines Tepatnnya berada di Gurun Sechura, Peru.

Berlokasi di antara Kota Pampas dan Nazca di Peru tempat ini dianggap keramat oleh penduduk setempat. Begitu banyak turis dan para ilmuwan yang mengunjungi tempat ini karena penasaran dengan pesan-pesan yang berangkat dari masa lalu itu.

Baca Juga: Lahir Tanpa Lengan dan Kaki, Nick Vujicic Ajarkan Jadi Pribadi yang Sukses dan Pantang Menyerah.

Nazca Lines merupakan rangkaian Geoglif yang terdiri dari 800 garis lurus, 300 garis geometris dengan bentuk yang bervariasi seperti bentuk atau menyerupai wajah manusia. Sementara itu garis yang lain berjumlah 70 garis yang berbentuk tumbuhan atau hewan.

Pada umumnya garis-garis tersebut menggambarkan tumbuhan, hewan dan manusia serta beberapa benda lain.

Bagaimana membuatnya? Nazca Lines diperkirakan dibuat pada tahun 100-600 SM. Beberapa tesis mengungkapkan para pembuatnya adalah masyarakat setempat.

Mereka memiliki teknik khusus untuk membentuk lukisan tersebut di atas hamparan tanah. Mereka mengerik tanah sedalam 30 cm. 

Gambar laba-laba/ Foto History.com

Garis-garis tersebut bertahan di sana karena kontur tanah yang tidak mudah hancur, tidak erosi, suhu juga panas dan curah hujan yang sedikit.

Untuk apa? Para ahli memberikan kesimpulan bahwa Nazca Lines memiliki fungsi ritual astronomi. Selain itu ada pula yang menganggap ini merupakan ritual bagi para dewa. Tak kalah menarik ada pula yang menilai Nazca Lines bukanlah buatan manusia melainkan buatan makhluk luar angkasa atau alien.

Baca Juga:  Ini Spot yang Paling Diincar di Puru Kambera Sumba, Mirip Australia hingga Afrika

Tempat yang ditemukan pada tahun 1930-an lantas menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Perdebatan terkait tempat itu masih dilakukan untuk memastikan untuk apa garis itu.

Gambar Pesawat, juga menjadi misteri di goresan yang sempurnah tersebut. Padahal zaman itu, tidak ada pesawat. Bisa jadi ini menggambarkan prediksi mereka terhadap zaman selanjutnya. Bisa jadi?

Selain pesawat di sini juga terdapat goresan yang membentuk kolibri, paus, monyet dan laba-laba. 

(MARTIN BERNETTI/AFP/Getty Images)

Menariknya, karena karya mereka tersebut terlalu besar, sehingga mereka kurang bisa menikmati karya itu. Untuk melihat dengan jelas karya-karya mereka tersebut mesti menggunakan pesawat. Akan tetapi seperti dijelaskan di atas zaman itu tidak ada pesawat.

Aturan yang harus diketahui, tempat ini telah diakui oleh PBB sebagai warisan budaya dunia. Untuk memasuki Nazca Lines tidak sembarangan.

Pemerintah setempat bahkan melakukan larangan saat memasuki kawasan ini agar tidak terjadi kerusakan. Para pejabat juga tidak boleh seenaknya masuk di wilayah ini. Mereka harus mengantongi ijin terlebih dahulu.

Bila ingin memasuki Nazca Lines terdapat aturan untuk mengenakan sepatu khusus agar tempat tersebut tidak tercemar. 

Artikel Pilihan

 
 
 

 

Post a Comment for "Teka-Teki Garis Nazca di Peru, yang Dibuat Ribuan Tahun Lalu"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat