Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desa Kahayya, Sulsel Masuk dalam Daftar Desa Wisata

Desa Kahayya Foto

Eastjourneymagz,com--KeunikanDesa Kahayya Kabupaten Bulu Kumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) kini mendapat perhatian pemerintah pusat. Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, Andi Ayu Cahyani mengungkapkan desa tersebut masuk dalam daftar desa wisata berkembang oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Desa Kahayya sudah masuk dalam daftar desa wisata Kemenparekraf dengan kategori berkembang,” kata dia, Senin, (22/02).

Ia lebih lanjut menjelaskan, desa yang berada di kaki Gunung Lompobattang ini memiliki potensi untuk berkembang menjadi desa wisata.  Menurutnya hal tersebut terjadi karena dukungan dari berbagai pihak terutama masyarakat setempat dan pemerintah desa.

Ia menambahkan untuk menjadi desa wisata harusmemenuhi beberapa indikator. “Di samping kemauan masyarakatnya cukup besar, dukungan dari pemerintah desa, juga beberapa potensi wisata alam yang sangat mendukung.”

Selain itu Andi Ayu membeberkan jika desa Kahayya menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas pariwisata berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan. Selain itu kata dia aktivitas ekonomi perlu mendapat pendampingan dari Pemerintah, Swasta, NGO, dan lain-lain.

Ia berharap agar terdapat pembinaan dari kementerian agar desa wisata tersebut terus berkembang. “Kalau dari Dispar Bulukumba, kita ada pendampingan untuk pemberdayaan kelembagaannya. Dari NGO pun sudah ada yang turut membantu pengembangan desa wisata kahayya, salah satunya Sulawesi Community Foundation (SCF),” kata dia.

Sementara itu Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dalam dan Luar Negeri, Irmayanti Asnawi menjelaskan perlu adanya promosi wisata. Hal itu kata dia dilakukan dengan cara memanfaatkan media sosial.

Di Desa Kahayya kata dia terdapat beberapa kegiatan masyarakat yang dapat dipromosikan. Menurutnya Kahayya memiliki acara tahunan yang melibatkan masyarakat setempat baik tua maupun muda.

 “Ada acara tahunan yang biasa digelar oleh pemuda Kahayya yaitu Senandung Kopi yang diharapkan bisa menjadi ajang promosi desa wisata,” tambahnya.

Diketahui, desa Kahayya menjadi salah satu alternatiftempat liburan di Sulsel. Akses menuju tempat ini dapat dilalui dengan transportasi darat. Berada sekitar kurang lebih 34 km dari kota Bulukamba. Dari kota Makasar dengan jarak tempuh 204 km menuju ke desa ini.

Post a Comment for "Desa Kahayya, Sulsel Masuk dalam Daftar Desa Wisata"