Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jokowi Resmikan Bendungan Tapin di Kalsel yang Memiliki Potensi Wisata dan Sumber Energi Listrik

Bendungan Tapin di Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (foto Biro Pers Setpres)

Eastjourneymagz.com--Presiden Joko Widodo meresmikan bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (18/12). Jokowi menjelaskan bendungan Tapin memiliki potensi untuk menjadi objek wisata kedepannya setelah melihat pemandangan sekitar.

“Setelah melihat kondisi keindahan di sekitar waduk ini benar, Bapak betul, ini bisa menjadi objek pariwisata, bukan hanya di Kabupaten Tapin tapi di Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Jokowi.

Dalam pengarahannya saat peresmian, Jokowi mengungkapkan bendungan Tapin telah dikerjakan sejak 2015 lalu. Bendungan tersebut dikerjakan selama 5 tahun terhitung hingga hari peresmian.

“(Bendungan)Telah selesai dan menghabiskan anggaran Rp 986 miliar, hampir Rp 1 triliun," kata Jokowi dalam kunjungan kerja tersebut.

Lebih lanjut Jokowi membeberkan bendungan ini mempunyai kapasitas 56,7 juta meter kubuk air. Menuruntnya bendungan tersebut memiliki peran yang sangat besar dalam mengendalikan banjir ketahanan pangan, serta penyediaan air baku.

Tak hanya itu, pembangunan bendungan ini juga menghasilkan energi listirk 3,3 megawatt. Menurut Jokowi ukuran tersebut sangat besar untuk kebutuhan masyarakat sekitar.

Meski demikian mantan walikota Solo ini menjelaskan fungsi bendungan tersebut nantinya bukan hanya untuk mengairi sawah saja tetapi juga sumber listrik  dan juga pengendalian banjir.

“Perkuat ketahanan pangan karena bisa sediakan pangan 57.200 hektare dan juga menyediakan air baku 0,50 meter kubik per detik," jelasnya.

 

Post a Comment for "Jokowi Resmikan Bendungan Tapin di Kalsel yang Memiliki Potensi Wisata dan Sumber Energi Listrik"