Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makam Gus Dur, Jadi Wisata Favorit di Jawa Timur, Ribuan Pengunjung Tiap Hari

Eastjourneymagz.com— Meskipun Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) telah lama wafat, akan tetapi kecintaan masyarakat pada sosoknya tidak luntur. Karena itu banyak masyarakat yang sering berziarah ke makamnya yang terletak di kompleks Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Kedatangan peziarah dari berbagai pelosok tanah air membuat makam Gus Dur menjadi wisata religi favorit di Jatim. Akan tetapi, selama masa pandemi makam mantan orang nomor satu di Indonesia ini ditutup hingga batas waktu ditentukan.

Hal tersebut diungkapkan Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz. “Wisata Religi makam Gus Dur ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan,” kata dia beberapa waktu lalu dikutip dari Liputan6.com.

Pihak Pengasuh Pesantren Tebuireng juga telah memberikan pengumuman dan surat edaran terkait ditutupnya makam Gus Dur bagi wisatawan.

Meski demikian para peziarah tetap saja datang ketempat ini. Mereka hanya sampai di pagar dan memanjatkan doa dari tempat tersebut.

Terkait penutupan makam Gus Dur bagi pengunjung, salah seorang putri Gus Dur, Allisa Wahid dalam cuitannya di media sosial mengungkapkan keluarganya memutuskan untuk menutup area makam Gus Dur.  

Allisa mengatakan hal itu karena pengunjung tiap harinya mencapai ribuan orang. Jumlah pengunjung sebanyak itu tentu menyebabkan kerumunan yang mempermudah menyebarnya Covid-19.

"Alaikumsalam. Mohon maaf, makam #GusDur masih belum dibuka, untuk hindari kerumunan. Maklum, kalau dibuka, per hari biasa smp 1.000-2.000 orang peziarah. Hari libur bisa 10.000," cuit akun Twitter @alissawahid.

Diketahui, makam tokoh bangsa ini menjadi wisata unggulan di wilayah Jawa Timur. Selain makam Gus Dur di sini juga terdapat makam tokoh ulama terkemuka sekaligus pahlawan nasional, KH. Hasyim Asy’ari dan KH Wahid Hasyim.

Kompleks makam Gus Dur ini bahkan pernah meraih penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur (AWJ) 2017 untuk kategori Daya Tarik Wisata Budaya. Kawasan wisata religi makam Gus Dur menyisihkan dua nominasi lain yakni kampung wisata Tanoker Jember dan destinasi wisata Ngrayudan Ngawi.

Post a Comment for "Makam Gus Dur, Jadi Wisata Favorit di Jawa Timur, Ribuan Pengunjung Tiap Hari"