Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Nasional Baluran yang Dijuluki Africa van Java?

Foto Indosurvival

Eastjourneymagz.com—Jika melakukan penelusuran di google image dengan mengetik Taman Nasional Baluran atau Africa Van Java, maka akan muncul gambar-gambar yang eksotis. Salah satunya adalah penampakan rusa yang sedang berkejar-kejaran di padang rumput.

Di sana semak-semak atau rumput sudah berwarna kuning (saat musim kemarau tiba). Terdapat pula panorama pepohonan yang tumbuhnya berjauhan. Pemandangan tersebut mengingatkan akan suasana alam Afrika yang memiliki kekayaan fauna yang luar biasa.

Dimanakah letak Taman Nasional Baluran? 

TN Balura terletak perbatasan antara Kabupaten Situbondo dengan Kabupaten Bayuwangi, Jawa Timur. Menjadi tujuan wisata favorit di Jawa Timur. Tepatnya pada alamat Jl. Pantai Bama, Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Mengapa Dijuluki Afrika Van Java?  

Seperti dalam pengantar dijelaskan keadaan alam di TN Balura ini seperti di taman Safari Afrika. Secara umum Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan mangrove, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Akan tetapi sebagian besar TN ini terdiri dari Sabana yang membentuk panorama layaknya alam di Afrika. Karena alasan itulah TN Baluran ini disebut Afrika Van Java.

Terkenal dengan memiliki alam yangliar dan masih belum banyak terjamah manusia, TNI Baluran memiliki flora dan fauna yang menjadi bagian dari ekosistem taman ini. 

gambar: akyacatour.com

Fauna yang hidup dan berkembang di TN Baluran?

Di sini terdapat 26 jenis mamalia yang menjadi penghuni di TN Baluran. Beberapa diantaranya (Sumber Wikipedia)

  • ·        Banteng (Bos javanicus javanicus)
  • ·        Kerbau liar (Bubalus bubalis)
  • ·        Ajag (Cuon alpinus javanicus)
  • ·        Kijang (Muntiacus muntjak muntjak)
  • ·        Rusa (Cervus timorensis russa)
  • ·        Macan tutul (Panthera pardus melas)
  • ·        Kancil (Tragulus javanicus pelandoc)
  • ·        Kucing bakau (Prionailurus viverrinus)

Di sini juga terdapat berbagai jenis burung sekitar terdapat 155 jenis burung salah satunya adalah burung merak atau Pavo Muticus.

Menuju TN Baluran

TN Baluran tidak sulit untuk di Jangkau. Jika tinggal di Jawa Timur bukanlah sesuatu yang sulit berhubung sangat dekat. Dipantau dari beberapa daerah di Indonesia akses menuju tempat ini. Moda transportasipun sangat mudah didapatkan. Pengunjung bisa menggunakan Bus atau kereta api dan pesawat dari daerah yang jauh. Beberapa kota diantaranya Jakarta, Bali, Jawa tengah, Yogyakarta, Sumatera hingga Kalimantan. Pengunjung bisa turun di depan pintu masuk TN Baluran.

Tiket Masuk

Untuk mengunjungi tempat ini memiliki harga yang sudah dipatok. Terdapat dua kategori harga yakni harga weekday hingga weekend.

Tiket

 

Weekday (Senin-Kamis)

 

 Weekend (Jumat-Minggu)

 

Wisatawan Domestik

 

Rp.   15.000

Rp.   17.000

Wisatawan Asing

 

Rp. 150.000

Rp.   225.000

Kendaraan Roda 2

 

Rp.     5.000

Rp.     7.500

Kendaraan roda 4

 

Rp.   10.000

Rp.   15.000

Carter Motor dan Mobil

Untuk ke tempat ini bisa bawa kendaraan sendiri. Banyak yang memberi rekomendasi untuk membawa kendaraan sendiri di sini. Pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan yang disewa di beberapa tempat sekitar. Selain itu menggunakan jasa ojek. Harga sangat terjangkau mulai dari Rp.50.000.

Ekosistem di Taman Nasional Baluran (Foto: Instagram  @andreyongz)

Waktu yang Terbaik

Tempat ini dibuka Jam 8 pagi dan tutup jam 4 Sore setiap harinya. Jika ingin ke tempat ini pergilah pad waktu pagi hari. Sementara itu jika yang ditanyakan adalah apakah musim kemarau atau hujan adalah waktu yang tepat. Jawabannya kedua-duanya. Pengunjung bisa menikmati binatang di tempat ini berkeliaran saat dua musim itu. Bisa melihat rusa berkejar-kejaran di kala hujan atau kala terik di saat kemarau tiba. 

Post a Comment for "Taman Nasional Baluran yang Dijuluki Africa van Java?"