Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desa Liang Ndara di Mabar Dinobatkan Jadi Desa Wisata Berkelanjutan

Salah Satu Pementasan Caci di Desa Liang Ndara/ Foto istimewa

Eastjourneymagz.com--Desa Liang Ndara di Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi dinobatkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai salah satu desa wisata berkelanjutan di Tanah Air.

Dilansir dari Berita Antara, Desa Liang Ndara resmi mengantongi sertifikat dan piagam penghargaan dari Lembaga Sertifikasi Dewan Kepariwisataan Berkelanjutan Indonesia Kemenparekraf yang diserahkan langsung Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta pada Selasa (9/3).

Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Shana Fatina yang mengakui menerima langsung sertifikat tersebut mengungkapkan kebanggannya atas dinobatkannya desa wisata ini.

“Kita patut berbangga dengan prestasi Desa Liang Ndara ini. Kerja keras mereka selama ini yang sangat konsisten membangun desanya menjadi desa wisata memberikan sebuah hasil yang baik," katanya Fatina, Rabu (3/10).

Menurut Shana penobatan desa wisata berkelanjutan ini dilakukan setelah melewati berbagai tahap seperti training auditor, sosialisasi instrumen dan pendampingan pengisian, desk evaluation, visitasi desa wisata, hingga rapat panel reviewer.

Program desa wisata ini merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kemenparekraf untuk mendorong pariwisata yang berkualitas di tanah air. Ia mengharapkan melalui desa wisata dapat meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk wisata mereka serta mengembangkan produk ekonomi kreatif lokal.

“Dalam kurun waktu sekitar sepuluh tahun terakhir, Desa Liang Ndara terus mendandani diri menjadi desa wisata yang berfokus pada wisata budaya,” jelas Fatinah.

Meski demikian kata Fatina desa ini memiliki banyak atraksi pariwisata lainnya mulai dari wisata alam, aktifitas masyarakat, hingga kekayaan flora dan fauna.

Menurutnya terpilihnya desa tersebut memberi efek kepercayaan yang baik. Ia berharap terpilihnya Desa Liang Ndara dapat diikuti oleh desa yang lain di wilayah NTT.

Post a Comment for "Desa Liang Ndara di Mabar Dinobatkan Jadi Desa Wisata Berkelanjutan"