Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Goa Jomblang Yogyakarta Memiliki Cahaya yang Memikat Pengunjung

Gua Jomblang/Foto www.kartanesia.com/Eastjourneymagz.com

Eastjourneymagz.com—Jika ingin berlibur ke Yogyakarta, carilah Goa Jomblang. Destinasi goa ini akan memukau pengunjung yang datang. Tidak hanya karana tempat masuk ke tempat ini yang cukup menantang dan menguras tenaga, tetapi juga pemandangan di dalamnya yang luar biasa.

Para pengunjung ke tempat ini biasanya terpukau dengan cahaya yang masuk ke dalam gua tersebut. Bentuk cahaya itu membuat pengunjung langsung menjepret foto jika tiba di sana.

Seseorang yang berdiri di tengah cahaya yang muncul dari mulut gua seakan bermandikan cahaya. Cahaya yang memancar menembusi gua tersebut akan memanah ke dalam cela-cela gua yang menampilkan panorama cahaya yang luar biasa.

Lokasi Goa Jomblang

Gua ini tepatnya berada di pegunungan karst, di Padukuhan, Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Dari kota Yogyakarta pengungjung dapat mencapai tempat ini menggunakan motor ataupun mobil.

Biasanya untuk mencapai ke sana dapat ditempuh hingga 1,5 jam jalan biasa. Meskipun cukup jauh dari kota Yogyakarta, Goa ini tetap diburu oleh pengungjung yang tertantang dan ingin melihat keindahan Goa Jomblang.

Setiap hari selalu ada pengunjung yang menaklukkan gua ini. Melihat isi dalam goa yang bikin penasaran.

Goa Vertikal

Pengungjung di Goa Jomblang/ Foto Raskita.com/Eastjourneymagz.com

Objek wisata ini sering divebut sebagai Goa Vertikal. Hal ini karena Goa ini memiliki mulut gua yang berada di permukaan tanah. Lingkungan sekitarnya adalah hutan purba yang begitu asri dan kaya akan oksigen.

Untuk mencapai kedalaman goa perlu keahlian sehingga tidak membahayakan pengunjung. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengunjung sebelum masuk goa. Yakni, perhatikan penguasaan teknik menggunakan tali atau tambang saat turun menuju ke kedalaman goa.

Ketahuilah bahwa medan goa ini memiliki kedalaman yang bervariasi dari 15 meter hingga 80 meter. Jadi, butuh ketelatenan untuk bisa mencapai kedalaman itu. Jangan asal masuk.

Untuk jalur masuk dibagi beberapa bagian, jalur pemula dengan kedalaman hingga 15 meter, Jalur C dengan kedalaman 40 meter, Jalur B dengan kedalaman 60 meter, jalur A yang merupakan kedalaman utama yakni 80 meter.

Saat melewati jalur pemula pengunjung masih bisa berjalan kaki, akan tetapi perlu diingat bahwa jalur ini masih curam sehingga perlu kehati-hatian agar tidak tergelincir.

Keindahandalam Goa

Pemandangan dalam Goa Jomblang/ Foto @dekapramana

Goa ini begitu unik. Saat anda sampai di dalam beberapa spot penting memanjakan mata pengunjung. Di dalamnya terdapat banyak jenis tumbuhan.

Di sini juga terdapat karst yang mendandani gua itu diantaranya stalakmit dan stalaktit.

Selain itu ada juga batu kristal yang menempel pada dinding goa. Sementara itu jenis-jenis tumbuhan paku turut menghiasi goa itu.

Di dalam juga terdapat batang sungai yang mengalir dengan debit air cukup deras. Batang sungai itu memberi kehidupan bagi tetumbuhan yang berada di sekitarnya.

Hal yang menjadikan Goa Jomblang ini menjadi superunik adalah kehadiran cahaya ke dalam cela-cela goa melalui mulut goa. Para pengunjung akan memotret di tengah sinar itu.

Selulet yang cantik akan membasuh tubuh pengunjung. Sekitar pukul 12.30 cahaya surya akan tampak indah. Sebuah batu yang cukup besar bisa menjadi pijakan untuk menyambut cahaya mentari yang masuk.

Jam Buka dan Tarif

Tampak permukaan Goa/ Foto Sewamobiljogja.info

Tempat wisata ekstrim ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Banyak yang merekomendasikan untuk tiba di sana pada pukul 10.00 hingga 12.00. Hal itu bertujuan agar dapat menyaksikan cahaya yang masuk ke gua dengan sempurna.

Sementara tarif ke sana untuk menggunakan jasa pemandu dilengkapi peralatan yang diberikan Rp.450 rb hingga Rp.1 jt. Harga tersebut adalah harga per orang atau bukan harga rombongan.

Namun jika memiliki perlengkapan sendiri akan lebih murah. Pengunjung hanya akan membayar parkiran kendaraan sekitar Rp. 3 rb.

Untuk pengunjung yang baru datang ke tempat ini dan baru mencoba tempat ekstrim seperti goa ini tidak usah khawatir. Kamu akan mendapatkan informasi yang banyak dari pemandu sebelum masuk ke Goa. So, pelajari dahulu lebih baik beberapa teknik untuk mempermudah saat bertualang di dalam Goa. Lebih-lebih saat turun melalui tali.

Post a Comment for "Goa Jomblang Yogyakarta Memiliki Cahaya yang Memikat Pengunjung"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat