Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Tips Bagi Anda yang Ingin Mencoba Makanan Lokal Saat Berada di Tempat Baru

Eastjourneymagz.com—Makanan adalah salah satu topik penting saat melakukan perjalanan jauh. Siapapun pasti membutuhkan makan. Seindah apapun perjalanan dan tempat yang ditujui, tetap butuh makan.

Saat melakukan riset dalam perjalanan jauh, anda mungkin akan mencari tentang estimasi harga makanan di tempat tujuan. Tentu saja tujuannya adalah agar sesuai dengan budget yang anda siapkan.

Namun cara ini juga dipakai untuk memastikan kisaran harga makan di tempat tujuan kepergian anda. Selain itu agar anda tidak merasa di tipu saat memesan makan di tempat yang baru.

Biar anda tidak menyesal aj dan trauma dengan perjalanan jauh akibat ditipu.

Di beberapa tempat banyak orang yang mengalami cerita yang rumit seperti ini. Karena tanpa mengetahui harga makanan di suatu tempat mereka datang dan langsung memesan makanan.

Selesai makan dan bill diserahkan, jadi kaget karena harganya selangit. Protes, kesel dan mau maki-maki pemilik resto.

Mungkin lagi apes. Ada banyak memang oknum pelaku wisata yang nakal. Mereka memainkan harga ketika orang yang baru datang ke tempat mereka. Aji mumpung dengan kehadiran wajah baru.

Mereka berpikir kedatangan orang baru adalah kesempatan emas untuk diperas dengan cara yang tidak terhormat seperti ini. Mungkin mereka berpikir semua pendatang (wisatawan) memiliki uang makanya bisa jalan-jalan.

Searching Info Makanan/Kuliner

Sekarang dengan google anda menjadi mudah untuk berselancar mencari berbagai informasi termasuk estimasi harga kuliner di tempat wisata yang anda ingin tujui. Selain itu bisa juga menanyakan teman-teman atau kenalan yang sudah pernah atau sedikit mengetahui tempat ini.

Teknik yang paling keren juga adalah dengan menanyakan teman-teman atau anggota forum yang memiliki kaitannya dengan persoalan yang ingin di tanyakan. Misalnya group Facebook yang membahas wisata, group WhatsApp, atau forum-forum yang lainnya.

Biasanya di tempat-tempat seperti ini orang-orang akan memberi respon dan menjawab persoalan yang anda lemparkan. Cari jawaban yang menurut anda relevan.

Selain komunitas-komunitas, para blogger biasanya mengupas habis banyak hal tentang tempat-tempat wisata termasuk harga kuliner.

Pastikan anda mendapatkan informasi yang banyak dari berbagai sumber seperti yang disebutkan di atas. Dengan demikian anda bisa memberi perbandingan mana informasi yang benar-benar proporsional dan membantu anda mendapatkan makanan di tempat wisata.

Coba Kuliner yang Baru

Anda beruntung tinggal di Indonesia yang begitu luas ini. Anda akan bertemu berbagai makanan khas di setiap daerah. Beberapa diantaranya seperti Mie Aceh, Pempek Palembang (Sumatera Selatan), Rendang dari Padang, Papeda di Papua, hingga Gudeg di Yogyakarta.

Makanan seperti ini mungkin tidak terbiasa bagi lidah anda. Atau sebaliknya ini adalah makanan kesukaan anda. Akan tetapi ada begitu banyak wisatawan yang masih milih-milih saat makan. Mungkin ini adalah kesempatan yang tepat untuk mencoba hal yang baru.

Jika anda berkelana di tanah air, mungkin anda lebih nyaman karena rata-rata makan nasi. Berbeda halnya ketika anda ke luar negeri seperti Eropa, Timor Tengah hingga AS. Itu akan sangat ketat sekali pilihan menu makan yang tepat bagi anda.

Sebaliknya hal seperti itulah yang dirasakan oleh turis-turis mancanegara. Mereka sedikit kesulitan karena akan berhadapan dengan makanan lokal yang tidak ada di negara mereka.

Beberapa turis-turis itu mengambil tantangan ini. Mereka menyukainya karena menganggap sebagai hal yang baru dan memberi wawasan yang baru pula. Tidak peduli dengan “benda-benda” asing yang masuk ke lambung mereka seperti Alien, akan tetapi mereka merasa itulah cara yang terbaik dari wisatawan, mencicipi makanan lokal. Hal itu juga akan menjadi bahan cerita sepulangnya mereka ke negara masing-masing.

Jangan Mencoba Jika Tidak Menginginkannya

Anda tentu saja lebih mengenal diri dan tubuh anda. Sebab diri adalah yang memiliki anda seutuhnya. Karena itu lebih baik dengarkan diri sendiri saat ingin mencoba hal yang baru. Jangan pernah mencoba berada di wilayah abu-abu. 

Anda harus berani mengatakan ya dan tidak. Sebab beberapa makanan beresiko bagi diri anda. Ada beberapa yang mungkin tidak cocok bagi anda. Mungkin anda akan alergi, keracunan atau akan bermasalah dengan lambung anda.

Saya pernah sakit perut selama tiga hari setelah pertama kali mencoba Salad. Kampungan bukan? Heheh, jadi pikirkan juga tentang diri anda. Bukan persoalan tantangan yang baru atau mencoba ke luar dari zona nyaman tetapi demi mengurangi resiko yang bisa saja membahayakan tubuh anda.

Post a Comment for "Ini Tips Bagi Anda yang Ingin Mencoba Makanan Lokal Saat Berada di Tempat Baru"