Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Lovina Bali, Tempat Bercengkerama dengan Lumba-Lumba

Foto Instagram : hendra_stesia_bali

Eastjourneymagz.com—Siapa yang tidak mau berenang bersama lumba-lumba. Mamalia laut yang cerdas ini membuatnya menjadi salah satu binatang laut yang paling dicintai.

Nah, jika ingin lebih dekat dan bercengkerama dengan lumba-lumba, Pantai Lovina menjadi tempat yang sangat direkomendasikan. Di sini pengunjung akan menyaksikan secara langsung atraksi sekelompok lumba-lumba di pinggir pantai.

Karena keberadaan Lumba-lumba tersebut membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi yang populer di Bali. Wisatawan lokal maupun mancanegara sangat menggemari tempat ini.

Letak Pantai Lovina

Terletak di Bali Utara, di Desa Kalibukbuk, sekitar 10km dari arah barat Kota Singaraja, di kabupaten Buleleng Bali. Pantai Lovinadikenal dengan objek wisata Kalibukbuk.

Dari daerah Seminyak, Kuta dan Legian dicapai dengan jarak tempuh 100 km. Apabila tidak macet maka pengunjung bisa menghabiskan waktu hingga 30 menit.

Di sini terdapat juga beberapa tempat wisata yang tak kalah indahnya. Beberapa diantaranya Air Panas Banjar, Candi Brahmavihara Arama dan Adjani Bali.

Di sini terdapat beberapa penginapan dengan harga terjangkau. Di tempat-tempat penginapan tersebut pengunjung dapat menyaksikan atraksi ikan lumba-lumba yang terlatih.

Selain itu beberapa penginapan juga menyediakan kebun binatang kecil yang bisa memanjakan mata pengunjung.

Wisata Lumba-lumba Pantai Lovina

Foto Kompas/Benny D Koestanto

Keberadaan Lumba-lumba menjadikan pantai ini istimewa. Pengunjung berdatangan membanjiri tempat ini hanya untuk melihat binatang mamalia laut ini di habitatnya.

Pantai Luvina cukup tenang dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Bali. Arus ombaknya tidak deras membuat pengunjung lebih leluasa saat menyaksikan lumba-lumba dari atas perahu.

Selain itu keadaan pantainya yang masih asri dengan pasirnya yang hitam. Di bibir pantai berjejer perahu nelayan tradisional. Perahu-perahu ini bisa dipakai untuk mengangkut wisatawan yang hendak mengeksplor keindahan pantai Luvina.

Di sini terdapat ratusan lumba-lumba yang beraktivitas. Pengunjung bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba yang berenang atau loncat-loncat di sepanjang pantai.

Binatang ini memberi daya tarik bagi wisatawan. Karena itu dilindungi oleh pemerintah setempat sehingga tidak boleh ditangkap untuk dibawa pulang atau dikonsumsi.

Aktivitas Wisata Lainnya di Pantai Lovina

Selain keindahan kawanan Lumba lumba itu pantai ini juga menyuguhkan ekosistem bawa laut yang memukau. Pengunjung bisa melakukan snorkeling atau diving di area ini. Taman bawa lautnya sangat indah dan memukau.

Pada pagi hari pengunjung dapat menikmati Sunrise. Di sini menjadi tempat yang direkomendasikan menyaksikan Sunrise terindah di Pulau Dewata. Latar belakang laut dengan langit pagi membuat hasil jepretan yang sangat Instagramable. 

Momen ini yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung apalagi terdapat lumba-lumba yang sedang melakukan aktivitas menjadi latar jepretan.

Waktu yang Tepat Berkunjung

Untuk ke tempat ini lebih baik memperhatikan momen dengan baik. Jangan tiba-tiba datang tanpa melihat waktu terlebih dahulu. Akibatnya anda akan kehilangan momen bersama lumba-lumba.

Waktu pagi adalah momen yang baik ke tempat ini. Lumba-lumba biasa muncul di Pantai Lovina pada pagi hari. Waktu yang tepat adalah pada pukul 06:00 – 09:00. Pengunjung mesti bersiap-siap sebelum jam-jam tersebut.

Jika ingin ke sana pergilah pada musim kemarau, sekitar bulan April – Oktober. Saat itu lumba-lumba akan sangat mudah ditemukan.

Pengunjung dianjurkan untuk menginap di beberapa penginapan sekitar sehingga tidak perlu buru-buru untuk berangkat ke sana. Ini juga untuk meminimalisir keterlambatan pengunjung untuk menyaksikan mamalia yang sangat cerdas itu di pantai Lovina.

Post a Comment for "Pantai Lovina Bali, Tempat Bercengkerama dengan Lumba-Lumba"