Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pempek Sedang Diusahakan ke UNESCO Jadi Warisan Budaya Dunia

Ilustrasi Pempek/foto IDN Times

Eastjourneymagz.com—Kuliner Khas asal kota Palembang, Pempek sedang diusahakan untuk menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) ke UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dilansir dari berita Antara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel), Aufa Syahrizal di Palembang mengungkapkan pihaknya sedang mengusahakan agar Pempek menjadi warisan UNESCO.

"Sebelum diajukan ke UNESCO, pada Maret 2021 ini pempek sedang dikurasi di tingkat pusat menjadi salah satu WBTB tingkat dunia," kata Selasa, 16 Maret 2021.

Lebih lanjut Ia menjelaskan dalam upaya melestarikan warisan budaya tak benda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sertifikasi terhadap berbagai warisan budaya tak benda dari setiap daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota.

Untuk memberikan penilaian terhadap warisan budaya yang dianggap sangat menarik, unik dan harus dilestarikan, mohon dukungan dari semua pihak (penthahelix) agar pempek bisa menjadi WBTB tingkat dunia oleh UNESCO, katanya.

Ia menambahkan setiap daerah diberi peluang seluas-luasnya untuk mengajukan warisan budaya tak benda yang nantinya dikurasi oleh Tim Ahli WBTB Indonesia.

Ilustrasi Pempek

Tidak hanya pempek, pihaknya juga berupaya mengajukan warisan budaya lainnya untuk disertifikasi dan diperjuangkan untuk mendapat pengakuan tingkat dunia.

Melalui upaya tersebut diharapkan warisan budaya yang dimiliki masyarakat provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu tetap lestari dan menjadi kebanggaan serta daya tarik wisatawan, kata kadisbudpar.

Dikutib dari Wikipedia, Pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam. 

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun hampir semua daerah di Sumatera Selatan memroduksinya.

Pempek dapat ditemukan dengan mudah di Kota Palembang; ada yang menjualnya di restoran, ada yang di pinggir jalan, dan pula yang dipikul. Pada tahun 1980-an, penjual biasa memikul satu keranjang penuh pempek sambil berjalan kaki berkeliling menjajakan dagangannya.

Post a Comment for "Pempek Sedang Diusahakan ke UNESCO Jadi Warisan Budaya Dunia"