Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Presiden Joko Widodo Sebut Pembangunan Bandara Toraja Habiskan Dana 800 M

Presiden Joko Widodo saat tiba di Toraja/Foto Agus Suprapto

Eastjourneymagz.com--PresidenJoko Widodo meresmikan Bandara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, SulawesiSelatan pada Kamis, 18 Maret 2021. Jokowi mengungkapkan pembangunan bandara ini gelonorkan dana hingga Rp 800 miliar.

"Saya tadi tanya Pak Menteri (Perhubungan), habisnya berapa ini bandara, Rp 800-an miliar,” kata Jokowi saat peremian bandara tersebut.

Menurut Jokowi, anggaran tersebut cukup besar lantaran harus membelah tiga bukit untuk dijadikan landasan pacu bandara.

"Karena harus memotong tiga bukit. Tiga bukit dipotong, tanah yang harus dibuang dari sana ada enam juta meter kubik, jumlah yang memang ini bandara ini unik sekali memotong tiga bukit sehingga runway-nya bisa dibangun," bebernya.

Jokowi menambahkan panjang landasan pacu BandaraToraja adalah 2.000 meter dan lebar 30 meter. Ia berharap kehadiran bandara di Tator ini mempermudah konektivitas dan mendorong pariwisata. Akses ke Tator lebih cepat dari perjalanan darat yang bisa menghabiskan hingga 9 jam.

“Bandara ini penting untuk mendorong konektivitas dan pariwisata setempat. Itulah sebabnya, dalam masa pembangunanya, hampir setiap enam bulan saya bertanya ke Menteri Perhubungan, kapan selesai?”

“Akhirnya hari ini saya resmikan dan sudah beroperasi. Perjalanan dari Makassar yang biasanya sembilan jam lewat darat bisa dipangkas melalui udara. Tadi saya sudah coba dengan pesawat ATR, tiba dalam 50 menit saja,” imbuhnya.

 

Post a Comment for " Presiden Joko Widodo Sebut Pembangunan Bandara Toraja Habiskan Dana 800 M"