Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sandiaga Uno: Musik Dangdut Sudah Pantas Diusulkan Kepada UNESCO Menjadi Warisan Budaya Dunia

Eastjourneymagz.com—Musik dangdut yang populer di tengah masyarakat Indonesia akan didorong menjadi warisanbudaya dunia. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga dalam unggahannya di akun @sandiuno, Selasa, 30 Maret 2021, kemarin.

Rekomendasi: Omed Omedan Tradisi Ciuman Beramai-Ramai di Bali 

Menurut Sandiaga musik dangdut telah memenuhi syarat untuk penetapan tersebut oleh UNESCO. "Ini menarik syarat-syaratnya. Kelihatannya dangdut sudah mencapai semua syaratnya," kata Sandiaga dikutib hari ini, Rabu 31 Maret 2021.

Adapun syarat tersebut kata Sandiaga adalah identitas budaya dari satu atau lebih komunitas budaya, pengusulan harus dilakukan oleh komunitas dan mempunyai seorang maestro yang masih aktif.

“Maestro yang masih aktif tersebut adalah pendiri Soneta Group, Rhoma Irama,” kata mantan wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Lebih lanjut ia membeberkan syarat terakhir adalah sudah diwariskan oleh lebih dari satu generasi atau minimum 50 tahun. Apabila dinyatakan memenuhi kriteria, dangdut akan menyusul deretan budaya Indonesia yang menjadi warisan budaya dunia.

Sandiaga juga menyebut beberapa Intangible culturalheritage dari Indonesia yang telah ditetapkan UNESCO itu mulai tahun 2008. Beberapa diantaranya keris, wayang, batik, angklung, tari saman, noken Papua, tiga genre tarian tradisional Bali, seni pembuatan perahu di Sulawesi Selatan, pencak silat, dan pantun.

Dikutib dari Tempo.co dalam unggahan yang sama, musikus Rhoma Irama yang juga disebut sebagai raja dangdut Indonesia meyakini bahwa dangdut adalah genre musik asli Indonesia. 

Raja Dangdut Indonesia/Rhoma Irama

Ia menjelaskan musik yang merakyat tersebut merupakan revolusi dari musik melayu. Ia menambahkan cikal bakalnya berasal dari Delhi, India, dan terkena sentuhan musik barat.

"Orkes Melayu itu banyak influence dari India. Dari sana kemudian saya melakukan revolusi,” kata pria yang akrab disapa Bang Roma ini.

Roma juga menyebut bahwa dirinya bisa memberi tanggung jawab terkait musik dangdut. Sebab menurutnya, dirinyalah yang merevolusi orkes melayu ini menjadi dangdut.

Nah oleh karena itu saya bisa bertanggung jawab. Saya siap memberikan argumen bahwa Dangdut is Indonesia. Karena saya merasa betul saya merevolusi orkes melayu ini menjadi dangdut sehingga menjadi genre baru," tutup Roma Irama.

Post a Comment for "Sandiaga Uno: Musik Dangdut Sudah Pantas Diusulkan Kepada UNESCO Menjadi Warisan Budaya Dunia "