Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jokowi Meminta Kebutuhan Dasar Bagi Pengungsi Bencana NTT dan NTB Harus Diperhatikan

Eastjourneymagz.com—Presiden Indonesia, Joko Widodo meminta berbagai pihak untuk dengan cepat tangani bencana alam yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Minggu, 4 April 2021 kemarin. 

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB), sejumlah 44 orang telah dinyatakan meninggal dalam bencana tersebut.

Saya telah mendapatkan laporan dari Kepala BNPB tentang adanya bencana banjir bandang dan longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat,” kata Jokowi di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 5 April 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengungkapkan rasa belasungkawa terhadap korban bencana di dua provinsi ini.

“Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban meninggal dunia dalam musibah tersebut,” ucap Jokowi.

Ia menambahkan telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala BASARNAS, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI dan Kapolri untuk secara cepat melakukan evakuasi dan menangani korban bencana.

“Selain itu, segera melaksanakan penanganan dampak bencana seperti pelayanan kesehatan, kebutuhan dasar bagi pengungsi, serta perbaikan infrastruktur,” kata Jokowi.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan. Selain itu selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir dan longsor.

Terlebih karena meningkatnya curah hujan yang ekstrem dalam beberapa waktu belakangan di sana. "Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG dan aparat di daerah," beber Jokowi.

Post a Comment for "Jokowi Meminta Kebutuhan Dasar Bagi Pengungsi Bencana NTT dan NTB Harus Diperhatikan"