Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keunikan Danau Hillier yang Berwarna Merah Muda di Australia

Hillierlake.com

Eastjourneymagz.com—Australia memiliki danau Hillier yang unik dan terkenal seantero dunia. Danau ini memiliki warna merah muda terletak di Kepulauan Recherche di wilayah Goldfields-Esperance, tepatnya di Middle Island, Australia.

Biasanya akan sangat mudah dilihat dari jendela pesawat. Tampak danau itu bersandingan dengan bibir pantai di Australia yang memiliki pasir putih. Menampakkan biru laut dan dikelilingi rimbunan pohon paperbark dan eucalyptus.

Danau ini memiliki panjang 600 meter dengan lebar 250 meter merupakan keajaiban alam di Australia. Bila di lihat dari udara, danau itu seakan tempayan raksasa berisi air merah muda yang diletakkan begitu saja di pinggir pantai.

Tempat ini ditemukan oleh seorang navigator dan hidrogafer berkabangsaan Inggris, Matthew Finders pada 15 Januari 1802 silam. Rupanya ia menemukan danau eksotis ini setelah melakukan pendakian di puncak tertinggi Middle Island atau Puncak Finders.

Intagram.com/Australia
Finders kemudian mengunjungi danau ini pada tahun 1803 untuk mengambil beberapa tong garam. Hal ini untuk melakukan penambangan garam. 

Nama danau Hillier ternyata memiliki kisah yang mengharukan. Nama tersebut diambil dari kru investigator Finders yang meninggal akibat disentri pada 20 Mei 1803. Peristiwa itu terjadi sebelum keberangkatan ke danau Hillier.

Upaya penambangan pernah terjadi di sini pada abad ke-19. Namun tidak bertahan lama karena garam dari danau ini mengandung racun.

Soal warna merah muda di danau tersebut menjadi pertanyaan banyak orang. Ada yang menduga bahwa dasar danau tersebut berwarna merah mudah sehingga penampakan permukaannya menjadi merah muda.

Instagram.com/Australia

Akan tetapi ketika dilakukan percobaan dengan mengambil air dari danau tersebut, warnanya tidak berubah. Anggapan lain juga menyebut karena air ini mengandung alga.

Setelah dilakukan penelitian ternyata air danau ini mengandung mikroba Ekstremophile. Dimana mikroba ini dapat hidup di tempat yang sangat ekstrim di dunia.

Keunikan dari danau ini juga adalah salinitasnya yang sangat tinggi bahkan dianggap sama seperti di laut mati. Tidak ada ikan di tempat ini ataupun buaya sebab keadaannya yang sangat ekstrim.

Di sana hanya bertahan beberapa mikroorganisme seperti alga dan bakteri halofilik.

Hingga saat ini Danau Hillier diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pengunjung hanya bisa melalui jalur udara atau berlayar dari Esperance. Namun sampai di Middle Island pengunjung harus berjalan kaki sejauh 600 meter untuk mencapai danau.

 

 

Post a Comment for "Keunikan Danau Hillier yang Berwarna Merah Muda di Australia"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat