Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tebing Breksi Yogyakarta, Salah Satu Tempat yang Romantis

Sumber Foto/Jogjasuper.co.id

Eastjourneymagz.com—Jika ingin ke Yogyakarta, kamu mungkin bingung untuk memilih tempat melepas penat. Salah satu yang kami sarankan pada kamu adalah Tebing Breksi.

Rekomendasi: Tebing Breksi Disulap Dari Tambang Jadi Spot Wisata yang Instagramabel di Yogyakarta 

Di sini kamu bisa menikmati sensasi tebing dengan ceruk-ceruknya yang indah. Coba searching saja di google bagaimana indahnya tempat ini. Kamu pasti iri dengan orang-orang yang mengunggah foto-foto yang cantik-cantik dan tampan-tampan di tempat ini.

Apalagi kamu membawa pasangan, sensasi tebing breksi membuat kalian makin lengket. Berdua, ditemani senja dan suasana Yogyakarta membuat semuanya sempurnah.

Tebing Breksi terletak di sebelah Selatan Candi Prambanan, dan dekat Candi Ijo. Tebing yang eksotis ini tepatnya berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Salah seorang pengunjung berpose di tebing Breksi/Foto Photo by @inisilviahz via Instagram

Kamu hanya perlu menempuh sejauh 17 Km dari kota Yogyakarta. Dapat ditempuh selama 30-40 menit dalam perjalanan menggunakan motor dan mobil. Pengunjung dapat ke tempat ini dengan kendaraan pribadi atau sewa bus.

Tempat ini adalah bekas tambang batu Breksi atau batu kapur dan beroperasi sejak tahun 80-an. Setelah dihentikan karena lokasi tersebut merupakan bagian cagar budaya yang mesti dijaga dan dilestarikan. Setelah dihentikan kegiatan pertambangan di wilayah tersebut, tempat ini tidak terurus dan dilepas begitu saja.

Pada tahun 2015, Sri Sultan Hamengkubuwono meresmikan tempat ini menjadi lokasi wisata dan dibuka bagi wisatawan. Mulai saat itu hingga kini tebing ini dirawat sebagai destinasi wisata.

Jika ingin ke tempat ini, hal yang perlu kamu kunjungi adalah spot-spot yang sering dikunjungi banyak orang. Di sini juga terdapat beberapa relief yang kamu bisa jadikan sebagai latar foto. Dijamin hasilnya akan sangat eksotik.

Seperti relief naga, dimana tubuhnya seakan melilit di tebing. Ekornya berada paling atas dan kepalanya paling bawa. Kamu bisa membelakangi naga tersebut dengan duduk di tangga yang sudah disediakan untuk meraih puncak tebing itu.

Ternyata oleh sang pemahat, membentuk ukiran naga tersebut dengan memadukan antara ukiran naga Bali dan Jogja. Hal itu disesuaikan dengan falsafah Jawa, naga berarti sang penjaga. 

Sumber Uklamoya

Secara simbolis Tebing Breksi berada dibawah candi Ijo. Seperti bagian candi utama terdapat Lingga Yoni (Arca Perempuan) berbentuk naga. Jadi disesuaikan dengan candi ijo ke Tebing Breksi yang sama terletak dibawah dan menghadap ke timur.

Selain itu juga terdapat ukiran tokoh wayang di batu kapur tersebut. Di bawa ukiran tersebut terdapat tempat duduk bagi para pengunjung. Jika kamu ingin mendapatkan spot foto wayang yang unik, tempat ini sangatlah cocok.

Menurut pengakuan banyak orang, pemandangan yang indah di Tebing Breksi dapat diburu pada pagi hari saat Sunrise. Kamu bisa menikmati cahaya mentari pagi yang perlahan terbit.

Tebing Breksi sering dijadikan tempat prawedding lho. Jadi jika kamu berminat untuk prawedding di tempat ini, ya silahkan.

Post a Comment for "Tebing Breksi Yogyakarta, Salah Satu Tempat yang Romantis"