Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unik, Jembatan Dari Akar di Sumbar ini Mirip dengan yang ada di India

Sumber Foto Hipwee.com

Eastjourneymagz.com—Lokasi wisata di Indonesia ada banyak yang mirip dengan destinasi di luar negeri. Jika di India terdapat jembatan dari akar, maka di Indonesia juga ada. Jembatan ini berada di Sumatera Barat (Sumbar).

Rekomendasi: 5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri 

Tepatnya di Kabupetan Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kecamatan Bayang Utara. Jika selama ini di bayangan kita jembatan terbuat dari kayu dan beton, namun di Sumbar terbentuk dari akar. Akar yang begitu kuat dari dua batang pohon yang salin bertautan sehingga membentuk sebuah jembatan yang unik.

Nah, jika pernah menonton film Tomb Rider dan Indiana Jones, model jembatan seperti ini akan tampil. Tapi di dalam film itu menampilkan kengerian, bagaimana sang aktor melewati jembatan yang terbentuk dari tali.

Jembatan ini memiliki panjang 25 meter, dan lebar 1,5 meter. Di bawahnya arus sungai mengalir cukup deras. Jika musim hujan airnya akan lebih deras lagi dan bisa menghanyutkan apa saja termasuk warga yang ingin lewat.

Jarak dari batang sungai ke jembatan tali dari akar pohon tersebut adalah 10 meter. Akar-akar pohon beringin yang ditautkan semakin hari semakin kokoh, membuat warga nyaman untuk nyeberang.

Bahkan hingga saat ini jembatan tersebut menjadiwisata favorit di kabupaten pesisir selatan. Ini juga menjadi tempat yang paling instagramable, membuat pengunjung datang hanya memburu foto di atas jembatan tali tersebut.

Karena itu warga berusaha merawat jembatan tali tersebut. Terdapat papan dan kabel baja yang membuat jembatan itu semakin kokoh. Warga dan pengunjung yang ingin beraktivitas di atasnya tidak usah cemas dan takut karena kuatnya jembatan tersebut tidak diragukan lagi.

Foto Tribun

Kini tempat itu dikunjungi oleh berbagai wisatawan di sekitar, mereka sangat penasaran dengan jembatan yang mirip dengan yang ada di India tersebut. Di India memang ada suku tertentu yang mengerjakan jembatan ini. Seperti suku Khasi Manghalaya.

Mereka melakukannya untuk mempermudah penduduk menyeberangi sungai. Dengan adanya jembatan tali tersebut yang dihubungkan dari akar-akar pohon beringin membuat warga setempat tidak usah cemas.

Meski demikian pembangunan jembatan seperti ini memang tidak mudah karena harus menunggu hingga 15-20 tahun untuk mendapatkan pola jembatan yang kuat seiring dengan akar-akar yang mulai kokoh.

Post a Comment for "Unik, Jembatan Dari Akar di Sumbar ini Mirip dengan yang ada di India"

Suku Bajau yang Dapat Bertahan Lama di dalam Air, ini Alasannya
Viral Video Syur Mirip Youtuber Game Sarah Viloid
5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Destinasi Luar Negeri
Sarah Viloid, Gamer Sukses yang Video Syur Miripnya Viral di Media Sosial
KPK Pastikan Expos Kasus Korupsi Bawang Merah Malaka Pada 10 Desember 2020
Chelsea Ndagung Tereliminasi dari Pop Academy Indosiar
Tradisi Berbagi Istri di Himalaya, Sang Adik Boleh Menikahi Istri Kakanya
GO"ET SENI SASTRA MANGGARAI
Makna Lagu Ende Tenang Kole Chelsea Ndagung yang Bikin Air Mata Meleleh
Mengenal Kaum Aghori, Suku Pemakan Mayat